Breaking News:

Berita Gresik

JIIPE Resmi Disahkan Sebagai KEK Teknokogi dan Manufaktur, Bupati Gresik : Alhamdulilah

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2021, pada 28 Juni 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo menetapkan Java Integrated Indutrial

Penulis: Willy Abraham | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Henri Handoko (kiri) Direktur HR & GA PT. BKMS menunjuk maket kawasan JIIPE yang telah disetujui menjadi KEK, Senin (15/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Willy abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2021, pada 28 Juni 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo menetapkan Java Integrated Indutrial and Port Estate (JIIPE) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teknologi dan Manufaktur.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani berharap ini akan akan menjadi angin segar bagi masyarakat Gresik.

Terutama dalam penyerapan tenaga kerja, dan ekonomi yang berada di kawasan Manyar dan sekitarnya.

Kawasan Ekonomi Khusus Gresik JIIPE yang dimiliki PT AKR Corporindo Tbk dan Pelindo III melalui anak usaha PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) ini dibangun dengan total seluas 3 ribu hektar yang dibagi menjadi kawasan industri seluas 1.761 hektar, pelabuhan laut dalam seluas 400 hektar, dan area perumahan modern seluas 800 hektar.

"Alhamdulillah angin segar buat masyarakat gresik," ucapnya, Sabtu (3/7/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini KEK Gresik JIIPE telah memiliki 13 tenant dari industri chemical processing, makanan, konstruksi, dan smelter.

Baca juga: JIIPE Gresik Bagikan Ratusan Paket Lebaran untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Dengan adanya status KEK Teknologi & Manufaktur, klaster akan ditata menjadi empat bagian yaitu produksi dan pengolahan, logistik dan distribusi, riset, ekonomi digital, dan pengembangan reknologi, serta pengembangan energi.

KEK Gresik JIIPE merupakan proyek strategis nasional (PSN) pertama di Indonesia yang menggabungkan kawasan industri modern, pelabuhan laut dalam, dengan infrastruktur berkualitas tinggi, dan kota mandiri bertaraf internasional.

Ketersediaan utilitas yang dibutuhkan industri seperti pembangkit listrik, pengelolaan air bersih dan limbah, supply gas, jaringan telekomunikasi, dan multimoda transport membuat KEK Gresik JIIPE menjadi bagian dari pengembangan industri 4.0.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved