Breaking News:

Berita Jatim

PPKM Darurat di Jawa dan Bali, DPRD Jawa Timur Tiadakan Kunker, Alihkan Rapat Secara Virtual

PPKM Darurat di Jawa dan Bali, DPRD Jawa Timur meniadakan kegiatan kunjungan kerja alias kunker, dan alihkan rapat secara virtual.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
tribun/yusron
Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah saat ditemui seusai Rapat Paripurna, 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat yang diterapkan di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021 menjadi atensi di lingkungan DPRD Jawa Timur

Sementara waktu, anggota legislatif di Indrapura dilarang melakukan kunjungan kerja (kunker).

Keputusan DPRD Jawa Timur meniadakan kunker itu lantaran demi suksesnya upaya PPKM Darurat untuk menekan penyebaran Covid-19 (virus Corona).

"Ini bentuk dukungan kami untuk memaksimalkan Inmendagri yang mengatur tentang PPKM Darurat. Apalagi angka Covid-19 di Jatim sedang tinggi," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah dikutip pada Sabtu (3/7/2021). 

Keputusan lain yang juga diambil dewan selama PPKM Darurat ini adalah terkait kegiatan di Gedung DPRD Jawa Timur.

Saat ini, kegiatan banyak dialihkan secara online atau virtual. Termasuk rapat komisi dan hearing dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan dilakukan secara daring. 

Menurut politisi PKB tersebut, untuk rapat paripurna, maka hanya satu perwakilan masing-masing fraksi yang hadir. Sementara anggota dewan lainnya mengikuti paripurna secara online.

Baca juga: PPKM Darurat, Wagub Jatim Emil Temukan Warga Bepergian Tanpa Alasan Mendesak: Ini Nggak Bisa Ditawar

"Pimpinan dewan pun hanya yang bertugas memimpin paripurna yang hadir. Ini dalam rangka physical distancing," ujar Anik. 

Di sisi lain, Anik mengungkapkan, seluruh wakil rakyat di DPRD Jawa Timur diminta untuk terus menggencarkan edukasi kepada masyarakat. Edukasi itu berupa perilaku protokol kesehatan yang menjadi penting selama pandemi Covid-19 belum usai. 

"Turut aktif menekan laju Covid-19. Di antaranya dengan melakukan edukasi prokes dan pembagian masker serta vitamin pada masyarakat di dapil masing-masing," pungkas Anik. 

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved