Breaking News:

Para Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen Bersama JCI East Java

Penyintas Covid-19 donorkan plasma konvalesen bersama JCI East Java. Kegiatan ini untuk mengumpulkan plasma konvalesen yang stoknya di PMI kosong.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/JCI East Java
Kegiatan donor plasma konvalesen dari JCI East Java di Surabaya, untuk menambah stok di PMI yang kosong di tengah permintaan yang meningkat, Sabtu (3/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sayembara untuk penyintas Covid-19 (virus Corona) yang bersedia mendonorkan darah plasma konvalesen setelah lolos screening dari Palang Merah Indonesia (PMI), oleh Junior Chamber International (JCI) East Java mendapat sambutan positif dari para penyintas.

Mereka yang lolos screening hadir di Gedung Srijaya, kawasan Mayjen Sungkono Surabaya, untuk melakukan donor, Sabtu (3/7/2021).

Direktur Pelaksana Donor Plasma Konvalesen JCI East Java, Yohan Tanoko, mengatakan, pihaknya sangat apresiatif dengan penyintas yang mendonorkan plasma konvalesennya.

"Sesuai dengan sayembara kami, ada hadiah Rp 250.000 untuk mereka usai donor," kata Yohan.

Lebih lanjut, Yohan menambahkan, kegiatan sosial JCI Chapter East Java ini merupakan realisasi organisasi pengusaha muda tersebut, untuk mengumpulkan darah konvalesen yang kosong stoknya di PMI, sedangkan banyak pasien Covid-19 membutuhkan transfusi darah dari penyintas.

"Targetnya kita bisa menjangkau semua penyintas Covid-19 di Surabaya yang sudah berhasil memenangkan pertarungan melawan Covid-19 untuk mau menyumbangkan plasma konvalesen mereka. Mengingat kebutuhan meningkat, tapi stok di PMI kosong," ungkap Yohan.

Kegiatan donor pada Sabtu, merupakan kegiatan perdana JCI East Java. Selanjutnya akan digelar tiap Minggu, dengan target bisa mencapai 100 pendonor plasma konvalesen.

"Karena dari tiap pendonor darah plasma konvalesen itu bisa mengumpulkan setidaknya untuk dua atau tiga pasien Covid-19, jadi kita targetnya, kita bisa menyiapkan donor plasma konvalesen itu untuk 200-300 orang," ungkap Yohan.

Baca juga: Wagub Emil Dardak Dorong Penyintas Covid-19 Lebih Aktif Donor Plasma Konvalesen, Sangat Dibutuhkan

Executive Vice President JCI East Java, Inggrid Chandranata, menambahkan, pihaknya memperoleh data bahwa sekarang stok plasma darah di PMI sudah kosong, sedangkan permintaan mengalami peningkatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved