Breaking News:

Berita Kota Malang

Pemkot Malang Matikan Lampu PJU, Diklaim Dapat Mengurangi Mobilitas Masyarakat

Selama masa PPKM Darurat tanggal 3-20 Juli 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mematikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) mulai pukul 20.00 WIB.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim/kukuh kurniawan
Suasana di Jalan Veteran Kota Malang saat lampu PJU dimatikan oleh Pemkot Malang pada Sabtu (3/7/2021) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Selama masa PPKM Darurat tanggal 3-20 Juli 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mematikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) mulai pukul 20.00 WIB.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan kebijakan tersebut sebagai kearifan lokal.

Dengan dimatikannya lampu PJU sejak pukul 20.00 WIB, menjadi penanda bahwa seluruh aktifitas masyarakat harus berhenti dan wajib berada di dalam rumah.

"Lampu dimatikan sejak pukul 20.00 WIB. Ini sekaligus menandai bahwa semua aktifitas harus berhenti. Ini kami namakan kearifan lokal, karena ini tidak ada di Instruksi Mendagri maupun Provinsi," ujar Sutiaji kepada TribunJatim.com pada Sabtu (3/7/2021) lalu.

Dari pantauan TribunJatim.com pada Sabtu (3/7/2021) malam, PJU yang dipadamkan adalah di Jalan Ijen, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Veteran, Jalan Raya Tlogomas, dan Jalan M.T Haryono.

Sementara itu, Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Malang, Rahmat Hidayat mengungkapkan, dimatikannya lampu PJU dapat mengurangi mobilitas masyarakat.

Baca juga: Hari Pertama PPKM Darurat Kota Malang, 14 Kafe dan Warung Layani Dine In Dibubarkan Tim Opsgab

"Dengan dimatikannya lampu PJU, tentu dapat mengurangi mobilitas masyarakat. Seperti di Jalan Ijen dan di daerah sekitarnya. Sehingga kawasan itu menjadi sepi," ungkapnya kepada TribunJatim.com, Minggu (4/7/2021).

Meski lampu PJU di Kota Malang dipadamkan, personel gabungan TNI dan Polri tetap diturunkan. Untuk menjaga keamanan serta kondusifitas.

"Personel TNI Polri tetap ada, untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved