Breaking News:

Berita Kota Batu

Desa Mojorejo Kota Batu Akan Miliki Kawasan Ekonomi Pedesaan Terpadu

Desa Mojorejo Kota Batu akan segera memiliki kawasan ekonomi pedesaan terpadu. Lokasi KEPT berada di Pasar Desa Mojorejo Jalan Ir Sukarno.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Kepala Desa Mojorejo, Rujito menjelaskan akan membangun Kawasan Ekonomi Pedesaan Terpadu (KEPT) untuk menampung potensi UMKM yang ada di wilayah setempat, Selasa (6/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Sejumlah desa di Kota Batu mulai mengarahkan pembangunan ke sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggerakan perekonomian.

Terbaru, Pemerintah Desa (Pemdes) Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, akan membangun Kawasan Ekonomi Pedesaan Terpadu (KEPT) untuk menampung potensi UMKM yang ada di wilayah setempat.

Kepala Desa Mojorejo, Rujito mengatakan, rencana pembangunan itu untuk menggerakkan perekonomian Desa Mojorejo melalui potensi UMKM. Pembangunan itu juga bagian dari perwujudan desa wisata yang telah dicanangkan oleh Pemkot Batu.

Rujito menerangkan, lokasi KEPT berada di Pasar Desa Mojorejo Jalan Ir Sukarno.

“Kami sudah menganggarkan Rp 100 juta dari SILPA Bagi Hasil Pajak (BHP) Tahun 2020. Untuk renovasi bakal dimulai pada Juli ini,” jelasnya, Selasa (6/7/2021).

Pasar tersebut tidak berfungsi baik saat ini. Letak pasar sebenarnya cukup strategis karena berada di pinggir jalan besar dengan luas lahan 1,5 hektare. Rencananya, akan ada 15 gerai UMKM yang akan meramaikan pasar sebagai sentra ikan hias maupun konsumsi.

“Sekarang tim teknis dari Universitas Brawijaya (UB) Malang sedang mematangkan Detail Engineering Desain (DED) dan master plan. Pengelola nanti bakal diserahkan kepada Bumdes Mojorejo,” tegasnya.

Memaksimalkan potensi UMKM di Desa Mojorejo menjadi pilihan karena lokasi pasar saat ini tidak memiliki pemandangan bentang alam seperti desa lainnya. Namun begitu, lokasi pasar berada di tengah jalan utama yang ramai dilewati banyak kendaraan.

“Ada kelemahan pasti ada kelebihan. Nah, kelebihan kami berada di jalur poros utama. Pasar kami memiliki tempat yang representatif untuk memasarkan produk-produk unggulan,” tegasnya.

Baca juga: PPKM Darurat di Kota Batu, Dinas Pariwisata Tunda Perhelatan Tour Virtual Gowes Wisata Nasional

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved