Breaking News:

Berita Lumajang

Zona Merah, Bed Isolasi Pasien Covid-19 Lumajang Sisa 20

Meledaknya angka pasien Covid-19 membuat status Lumajang menjadi zona merah. Padahal, sebelumnya Kota Pisang ini masuk dalam kategori zona orange

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Januar
Freepik
Ilustrasi Corona atau Covid-19 di Lumajang 

Laporan wartawan TribunJatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Meledaknya angka pasien Covid-19 membuat status Lumajang menjadi zona merah. Padahal, sebelumnya Kota Pisang ini masuk dalam kategori zona orange.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, pasien aktif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 330 orang. Sedangkan pasien yang menjalani isolasi di rumah setidaknya ada 87 orang. Total per hari ini (6/7) jumlahnya pasien aktif corona mencapai 417.

Terus bertambahnya, kasus aktif corona tampaknya membuat Satgas Covid-19 kelimpungan. Pasalnya, penambahan tempat tidur isolasi di rumah sakit tidak bisa mengimbangi jumlah penambahan pasien setiap hari.

"Kami sudah menambah tempat tidur isolasi rumah sakit, sekarang sudah 350 tempat. Tetapi yang sudah terpakai ini sudah hampir 330 tempat," kata Jubir Penanganan Covid-19 Lumajang dr Bayu Wibowo Ignasius.

Kondisi ini, tentu saja memaksa Tim Gugus Tugas Covid-19 harus segera menyiapkan antisipasi penanganan secepat mungkin. Pihaknya direkomendasikan Satgas Pemprov Jatim agar mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien-pasien corona yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

"Tapi kami terkendala tenaga, tendanya ada tapi tenaga kurang. Jadi kita belum siap kesana," jelasnya.

Meski begitu, dr Bayu menyebut telah menyiapkan skenario penanganan jika sewaktu-waktu penularan Covid-19 terus terjadi ledakan. Rencananya, pasien corona yang membutuhkan perawatan intensif akan dirujuk di rumah sakit di daerah tetangga.

"Kalau kondisinya gak cukup ya terpaksa yang punya komorbid kami rujuk ke rumah sakit luar kota," pungkasnya.

Baca juga: Tambang Galian C di Gondang Mojokerto Tunggak Pajak Rp 1,2 M, Kini Disegel Tim Gabungan Satpol PP

Kumpulan berita Lumajang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved