Breaking News:

Berita Kota Kediri

Kasus Covid-19 Melonjak, Perpustakaan Umum Kota Kediri Tutup, Warga Dapat Mengakses Aplikasi e-Pusda

Kasus Covid-19 melonjak, Perpustakaan Umum Kota Kediri ditutup sementara, masyarakat dapat mengakses aplikasi e-Pusda.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Didik Mashudi
Untuk mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Kota Kediri berjalan baik, Perpustakaan Umum Kota Kediri ditutup sejak 5 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Untuk mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Kota Kediri berjalan baik, Perpustakaan Umum Kota Kediri ditutup sejak 5 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pantauan awak media pada Rabu (7/7/2021) semenjak dilakukan penutupan, tidak banyak aktivitas yang berlangsung di perpustakaan yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Kota Kediri, itu.

Pada pintu masuk perpustakaan umum telah ditempelkan pengumuman yang memberi tahu sehubungan dengan melonjaknya kasus positif Covid-19 (virus Corona), layanan perpustakaan umum ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kediri, Hery Purnomo, menjelaskan, penutupan perpustakaan umum dilakukan sejalan dengan diberlakukannya PPKM Darurat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kediri.

Selama masa penutupan, pelayanan akan dialihkan melalui online via aplikasi e-Pusda Kota Kediri.

Aplikasi ini berbasis Android yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Sehingga warga dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Untuk masyarakat yang ingin mencari buku namun tidak bisa datang ke perpustakaan dapat mengakses aplikasi kami yaitu e-Pusda Kota Kediri. Di aplikasi itu, kita dapat mencari buku-buku milik perpustakaan yang bisa kita akses untuk dibaca," jelasnya.

Sedangkan pengembalian buku yang masih dipinjam oleh masyarakat, bisa dilakukan setelah pemberlakuan PPKM Darurat ini berakhir dan tidak akan dikenakan biaya.

Baca juga: Wujudkan Kekebalan Komunal, Vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri Semakin Gencar Dilakukan

Namun kalau kartu identitas yang digunakan untuk jaminan peminjaman buku akan digunakan untuk keperluan lain, maka pihaknya akan tetap melayani pengembalian buku tersebut.

Namun tetap disarankan untuk pengembalian buku dilakukan pada saat PPKM Darurat berakhir, sekaligus mengurangi mobilitas  keluar rumah.

Hery berharap dengan dilakukannya penutupan Perpustakaan Umum Kota Kediri dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Kediri.

“Semoga penutupan perpustakaan ini dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19. Dan pelaksanaan PPKM Darurat ini bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan lancar,” ungkapnya.

Berita tentang Kota Kediri

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved