Breaking News:

Berita Surabaya

Percepatan Vaksinasi Kelompok Lanjut Usia, Pemprov Jatim Gandeng Organisasi Lansia

Pemprov Jawa Timur berupaya menggandeng organisasi terkait. Harapannya, seluruh lansia dapat segera rampung program vaksinasi Covid-19.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Yoni Iskandar
istimewa/Pemprov jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat berkunjung ke kantor Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) Jawa Timur, Selasa (6/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim Network, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Guna percepatan vaksinasi kepada lansia, Pemprov Jawa Timur berupaya menggandeng organisasi terkait. Harapannya, seluruh lansia dapat segera rampung program vaksinasi Covid-19.

Hal itu juga menjadi tindak lanjut dari kunjungan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak ke kantor Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) Jawa Timur, Selasa (6/7/2021).

"Kami datang tidak lain terkait vaksinasi bagi lansia, harapannya Karang Werda mampu menjadi mitra dan penggerak bagi vaksinasi lansia di desa-desa," Kata Emil dalam keterangan resmi, Selasa malam.

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak merujuk data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Saat ini, capaian vaksinasi baru mencapai 35 persen dari total sasaran 2,55 juta lansia. Artinya, masih kurang dari 50 persen. Sehingga percepatan vaksinasi masih perlu terus dilakukan.

"Bahkan ada 7 kabupaten yang berada dibawah 10 persen atau masih 1 digit," Jelas Emil Elestianto Dardak kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Pakar Tata Kota ITS, Haryo Sulistyarso Meninggal Usai Dirawat di RSKI Unair Surabaya

Emil Elestianto Dardakberpesan, pentingnya kelompok lansia mengikuti program vaksinasi serta peran Yayasan Gerontologi Abiyoso untuk percepatan vaksinasi yang menyasar lansia.

Dalam pertemuan dengan YGA itu diperoleh gambaran tentang faktor kelompok lansia yang belum mengikuti program vaksinasi yang saat ini tengah digencarkan.

Setidaknya, ada dua hal. Kata Emil, pertama, lansia yang takut divaksin lantaran mendengar informasi yang mengkhawatirkan. "Dan kedua, lansia yang memang cuek terhadap vaksinasi," lanjut Emil.

Menurut Emil, pihaknya terus berupaya agar program vaksinasi termasuk dengan sasaran lansia dapat terus dimassifkan.

"Ini sebabnya kita yakin ikhtiar menggunakan jejaring Gerontologi Abiyoso karena punya jaringan hingga kabupaten bahkan sampai wilayah kecamatan dan karang werda di masing-masing desa," ungkap suami Arumi Bachsin tersebut.

Berita tentang vaksin Massal

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved