Breaking News:

Berita Kota Batu

Petugas Gabungan Sidak Apotek-apotek di Kota Batu, Sejumlah Obat Mengalami Kelangkaan

Petugas gabungan gelar inspeksi mendadak ke sejumlah apotek di Kota Batu, ditemukan sejumlah obat mengalami kelangkaan di masa pandemi Covid-19.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus memberikan keterangan setelah melakukan inspeksi di sejumlah apotek di Kota Batu untuk mengecek ketersediaan obat-obatan, Rabu (7/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Petugas gabungan dari Polres Batu dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu gelar inspeksi mendadak ke sejumlah apotek di Kota Batu, Rabu (7/7/2021).

Apotek yang didatangi antara lain Apotek Sehat, Mira Farma, Manfaat Apotek Swalayan dan Kimia Farma 245.

Inspeksi itu bertujuan memantau keberadaan harga 11 obat yang sudah diatur harga eceran tertingginya oleh Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu.

11 obat tersebut terdiri atas favipiravir, oseltamivir, ivermectin, remdesifir, tocilizumab 400 mg/20 ml, azithromycin tablet, tocilizumab 80 mg/4 ml, azithromycin infus dan 3 intravenous immunoglobulin.

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus mengatakan sebagian besar obat-obatan tidak tersedia. Pasalnya, tingginya permintaan pasar belakangan ini.

"Ini memang karena tingginya permintaan pasar sehingga beberapa obat-obatan ini habis di apotek,” ujar Jeifson, Rabu (7/7/2021).

Temuan lain adalah tidak adanya permainan harga terhadap obat-obatan yang dijual tersebut. Dari hasil sidak itu Jeifson menyimpulkan, saat ini Kota Batu mengalami kelangkaan terhadap beberapa obat-obatan tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan distributor 11 obat itu untuk menjamin ketersediaan.

Polisi dengan tegas akan menindak oknum yang mencoba melakukan permainan harga maupun penimbunan obat-obatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved