Breaking News:

Berita Nganjuk

Rencana Pemindahan Museum Anjuk Ladang Dipertanyakan DPRD, Dua Tahun Diusulkan Belum Ada Realisasi

Rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang hingga kini belum ada kejelasan. Ini setelah pemindahan yang diusulkan sejak tahun 2019 tersebut belum ada tind

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Amru
Museum Anjuk Ladang Nganjuk 

Reporter: Achmad Amru Muiz I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang hingga kini belum ada kejelasan. Ini setelah pemindahan yang diusulkan sejak tahun 2019 tersebut belum ada tindak lanjut hingga sekarang ini.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk, M Imron menjelaskan, usulan tersebut disampaikan Pemkab Nganjuk sejak dua tahun lalu.

Usulan tersebut direspon positif DPRD Nganjuk mengingat Museum Anjuk Ladang kapasitasnya perlu ditingkatkan.

"Komsisi IV sebetulnya atas usulan pemindahan Museum Anjuk Ladang dari Pemkab Nganjuk itu langsung memberikan persetujuan waktu itu, dan tinggal menunggu tindaklanjutnya sampai sekarang belum ada," kara Imron, Rabu (7/7/2021).

Dijelaskan Imron, usulan untuk pemindahan Museum Anjuk Ladang tersebut dimaksudkan untuk dilakukan peningkatan kapasitas tersebut dikarenakan ditempatnya sekarang sudah tidak mencukupi.

Ini setelah masih banyaknya temuan peninggalan benda purbakala di wilayah Kabupaten Nganjuk yang belum dipindahkan ke Museum.

Dimana temuan benda purbakala tersebut kalau tidak segera dirawat dan diamankan di Museum keberadaanya bisa rusak atau bisa hilang.

"Melihat alasan dari usulan rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang tersebut cukup baik sehingga Komisi IV saat itu bisa menyetujui," ucap Imron.

Disamping itu, ungkap Imron, melihat lokasi rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang berdekatan dengan Candi Lor dengan tujuan untuk menjadikan satu lokasi peninggalan bersejarah dan kebudayaan Kabupaten Nganjuk dipastikan akan mempermudah masyarakat untuk berkunjung.

Dengan demikian, tambah Imron, Candi Lor dan Museum Anjuk Ladang jika nantinya sudah berdekatan lokasinya maka dipastikan akan menjadi obyek wisata bersejarah nenek moyang Kabupaten Nganjuk.

Hanya saja, tambah Imron, rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang ke lokasi baru berdekatan dengan Candi Lor belum ada kejelasan.

Bahkan, DED (Detail Engineering Design) proyek Museum Anjuk Ladang yang dipindahkan tersebut belum ada. Dengan demikian berapa nilai anggaran yang dibutuhkan dan luasan lahan untuk Museum Anjuk Ladang tersebut juga belum diketahui.

"Kami berharap rencana pemindahan Museum Anjuk Ladang tersebut bisa segera direalisasi Pemkab Nganjuk, tentunya setelah Pandemi Covid-19 selesai," tutur Imron.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved