Breaking News:

Berita Jember

Usir Wabah Covid-19, Warga di Jember Gelar Selamatan Serabi Ketupat Sambil Baca Selawat Burdah

Warga Dusun Ajung Wetan Desa Ajung Kecamatan Ajung, Jember, menggelar acara Selamatan Serabi Ketupat, Selasa (6/7/2021) malam.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Sri Wahyunik
Serabi dan ketupat yang dibawa dalam acara Selamatan Serabi Ketupat di Desa Ajung 

Reporter: Sri Wahyunik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Warga Dusun Ajung Wetan Desa Ajung Kecamatan Ajung, Jember, menggelar acara Selamatan Serabi Ketupat, Selasa (6/7/2021) malam.

Selamat Serabi Ketupat ini merupakan selamatan khusus yang digelar oleh warga Jember di sejumlah desa. Tujuannya untuk mengusir wabah Virus Corona (Covid-19).

Warga Dusun Ajung Wetan menggelar Selamatan Serabi Ketupat di Masjid Annur, dusun setempat. Selain di masjid, warga juga melakukan selamatan di rumah masing-masing.

"Untuk yang di masjid, kami batasi. Kami menggelar selamatan tetap dengan memakai masker, juga menjaga jarak. Selamatan ini kami adakan untuk mengusir wabah penyakit ini, sekarang penyakitnya Covid," ujar Ketua II Takmir Masjid Annur, Sinto alias Pak Hamid (64) kepada Surya (TribunJatim.com grup), Rabu (7/7/2021).

Serabi dan ketupat yang dibawa ke masjid sesuai dengan jumlah keluarga.

Jika keluarga tersebut berisikan empat orang, maka serabi dan ketupat yang dibawa sebanyak empat.

Dalam berdoa, selain melantunkan doa meminta keselamatan, warga juga melantukan Selawat Burdah.

"Ya baca Bismillah, berdoa, kami juga membaca Burdah (Selawat Burdah). Burdah itu dibaca untuk mengusir penyakit, wabah, bala'. Dulu itu kerap kami baca sambil keliling kampung, untuk mengusir penyakit tha'un. Dulu waktu saya kecil, pernah melakukan begitu," tutur Sinto.

Namun kini, ritual itu diganti dengan Selamatan Serabi Ketupat. Sinto tidak mengetahui makna dari pemakaian serabi dan ketupat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved