Breaking News:

Berita Nganjuk

Satgas Covid-19 Nganjuk Gencar Gelar Operasi Yustisi dan Penyekatan Saat PPKM Darurat

Satgas Covid-19 Nganjuk gencar menggelar operasi yustisi dan penyekatan saat penerapan PPKM Darurat, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat memantau kegiatan penyekatan dan operasi yustisi di Gerbang Tol Trans Jawa di Nganjuk, saat PPKM Darurat, Jumat (9/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk intensif gelar operasi yustisi dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

Hal itu dilakukan untuk menguatkan pelaksanaan PPKM Darurat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 (virus Corona) di Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk meminimalisir penyebaran virus Corona yang saat ini cukup tinggi di Kabupaten Nganjuk.

"Warga saat ini harus tetap patuhi prokes dengan memakai masker dobel, jauhi kerumunan dan jangan keluar rumah jika keadaan tidak mendesak, termasuk saat takziah untuk lebih waspada. Karena dikhawatirkan muncul klaster takziah," kata Marhaen Djumadi, Jumat (9/7/2021).

Selain itu, dikatakan Marhaen Djumadi, pihaknya mengajak masyarakat mendukung PPKM Darurat dengan mengikuti peraturan yang ada agar situasi dan perekonomian kembali berjalan normal.

Operasi yustisi merupakan langkah untuk memberikan tindak pidana ringan (tipiring) bagi masyarakat yang melanggar prokes selama berjalannya PPKM Darurat.

"Bagi warga yang kedapatan tidak bermasker ketika di jalan atau di luar rumah akan disidang oleh pengadilan sebagai bentuk teguran akibat melanggar prokes," ucap Marhaen Djumadi.

Operasi yustisi, menurut Marhaen Djumadi, menjadi salah satu upaya pemberian efek jera bagi pelanggar prokes. Karena selama ini banyak masyarakat yang masih abai. Apalagi di tengah berkembangnya varian baru Covid-19 jenis Delta yang cenderung lebih ganas dan penyebarannya cepat sekali.

Baca juga: Polri Limpahkan Bupati Nganjuk Nonaktif dan Enam Tersangka Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan ke Kejari

"Maka dari itu, bila tidak ingin terkena Covid-19 dan terjaring razia operasi yustisi yang digelar Satgas Covid-19, semuanya harus menjalankan prokes ketika di jalan atau di luar rumah. Itu semua demi kesehatan dan keselamatan warga sendiri," ujar Marhaen Djumadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved