Breaking News:

Tak Pernah Ada Pengaduan, Isu Gula Rafinasi Langka Dinilai Aneh

Karena tidak pernah ada pengaduan yang masuk, isu gula rafinasi langka dinilai aneh dan tak wajar.

Editor: Ndaru Wijayanto
Tak Pernah Ada Pengaduan, Isu Gula Rafinasi Langka Dinilai Aneh
istimewa
gula rafinasi

TRIBUNJATIM.COM - Isu dugaan kelangkaan gula rafinasi di Jawa Timur kembali disuarakan.

Kali ini dimunculkan oleh lembaga kajian salah satu ormas, yang menyebut bahwa sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah di Jawa Timur, khususnya di sektor industri makanan dan minuman merasa kesulitan memperoleh gula rafinasi.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan, isu kelangkaan tersebut terbilang aneh lantaran dari hasil klarifikasi kepada seluruh asosiasi pelaku usaha di Jatim, tak ada satupun pelaku usaha yang melaporkan adanya kelangkaan.

"Saya ke asosiasi, terus sudah gitu saya tanya sama asosiasi. Mereka jawab 'nggak ada apa-apa bu'," ujarnya, dalam siaran tertulis yang diterima TribunJatim.com, Sabtu (10/7/2021).

Gati mengungkap, kondisi serupa sebenarnya pernah terjadi di sekitar bulan Maret 2021.

Ia menceritakan, kala itu ramai isu IKM di Jawa Timur sulit memperoleh gula rafinasi.

Ia pun langsung melakukan klarifikasi. Hasilnya, asosiasi IKM juga mengungkap tak ada kelangkaan seperti yang ramai dibicarakan.

"Sebenarnya isunya sudah lama. Dari bulan Maret pernah ada juga isu seperti itu. Kami cek, sudah koordinasi sama-sama temen di sana," sambungnya.

Ia mengaku, kemunculan isu kelangkaan gula rafinasi terbilang aneh lantaran tak pernah ada aduan yang masuk secara resmi ke Kementerian.

Kalau benar ada, tantu Kementerian Perindustrian akan langsung terjun ke lapangan untuk memberikan pendampingan dan mencarikan jalan keluar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved