Breaking News:

PPKM Darurat, Pendapatan E-Parking Stadion Gajayana Terhenti

Pemberlakuan PPKM Darurat tidak dipungkiri juga mempengaruhi sektor pendapatan retribusi parkir. Salah satunya seperti E-Parking Stadion Gajayana

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Yoni Iskandar
Tribunjatim/kukuh kurniawan
E-Parking Stadion Gajayana 

Laporan Wartawan TribunJatim Network, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemberlakuan PPKM Darurat tidak dipungkiri juga mempengaruhi sektor pendapatan retribusi parkir. Salah satunya seperti E-Parking Stadion Gajayana, yang dikelola oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, pendapatan dari E-Parking otomatis terhenti, karena mengikuti kebijakan PPKM Darurat.

"Kadang bisa dapat Rp 4 juta (per hari), tergantung jumlah kendaraan yang masuk. Tetapi karena ada PPKM Darurat, MOG tutup, otomatis tidak ada parkir disana. Berarti nol, tidak ada pendapatan sama sekali," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (11/7/2021).

Meski begitu, tidak adanya pendapatan dari E-Parking tersebut bukan merupakan kerugian.

Pasalnya, E-Parking berbeda dengan pendapatan pajak, karena E-Parking berupa retribusi.

"Tidak ada namanya kerugian. Pajak ada kerugian. Kalau pajak dia diberi pelayanan atau tidak, ada potensi tercatut target pajak. Misal pajaknya 10 miliar tidak tercapai, kalau retribusi tidak bisa," tambahnya.

Baca juga: Pendapatan e-Parking di Stadion Gajayana Malang Naik Hingga 300 Persen, Dishub: Ini Terbukti Efektif

Nantinya, E-Parking juga akan terintegrasi dengan sistem di Bapenda (Badan Pendapatan Daerah).

Namun, hal itu kembali urung terlaksana karena pihaknya sedang berfokus pada masa PPKM Darurat.

"Belum, karena kita masih berkonsentrasi PPKM Darurat semua sampai tanggal 20 Juli. Jadi, untuk program yang lain kita sisihkan dulu. Karena sampai tanggal 20 Juli itu, menentukan langkah kita kedepan seperti apa," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Perlu diketahui, Dishub Kota Malang juga memiliki rencana untuk menambah E-Parking. Selain di Stadion Gajayana, akan ditambah tiga E-Parking di beberapa lokasi.

"Kalau jadwal itu akhir tahun sudah mulai terpasang, tapi lihat situasi dulu. Rencananya ada tiga lokasi, yaitu di RSUD Kota Malang, di Terminal Arjosari sisi timur, sama di Gedung Kartini Jalan Tangkuban Perahu," pungkasnya.

Berita tentang PPKM Darurat

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved