Breaking News:

Berita Surabaya

Untag Surabaya Beri Kiat Produktif Menulis Jurnal Melalui Webinar Kolokium

Untag Surabaya beri kiat produktif menulis jurnal melalui webinar kolokium "Academic Writing Tools dan Research Gap & Novelty: Bibliometric VOSviewer"

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Peserta Webinar Kolokium "Academic Writing Tools dan Research Gap & Novelty: Bibliometric VOSviewer" Untag Surabaya, Sabtu (10/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sulvi Sofiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Program studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya memberikan kiat menulis jurnal untuk para akademisi melalui Webinar Kolokium "Academic Writing Tools dan Research Gap & Novelty: Bibliometric VOSviewer", Sabtu (10/7/2021).

Salah satu narasumber Andi Indrawati dari Untag Samarinda memaparkan pentingnya VOSviewer yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan bibliografi atau data set yang terisi field bibliografi, yaitu seperti judul, pengarang, penulis, jurnal, dan lain sebagainya.

"Dalam dunia penelitian, VOSviewer digunakan untuk menganalisa bibliometrik, mencari topik yang memungkinkan masih ada peluang untuk diteliti. Selain itu juga untuk mencari referensi, baik yang sudah digunakan atau belum digunakan dengan cara mapping artikel," ujar Indrawati, Minggu (11/7/2021).

Di sisi lain, pemateri terkait Academic Writing Tools, Supangat menjelaskan beberapa tools yang sangat bermanfat dan memberi banyak kemudahan dalam dunia penulisan karya ilmiah.

"Tools berbasis website seperti Jurnal Guide ini akan memudahkan kita menemukan jurnal yang berkaitan dengan objek yang kita teliti," kata Supangat.

"Ada juga Quillbot yang sangat membantu kita dalam melakukan parafrase penulisan ilmiah. Hal ini supaya tidak terdeteksi aspek plagiatnya," ujar kandidat PhD UTHM Malaysia tersebut.

Baca juga: ITTelkom Surabaya dan UPN Veteran Jawa Timur Gelar Workshop Laboratorium Virtual di SDN Kleco 1

Tidak hanya itu, Supangat juga mengatakan, publisher yang baik adalah publisher yang memberi banyak kepastian dan tidak terkesan mengabaikan. 

Hal tersebut menurutnya merupakan indikasi pengelolaan sitem yang baik.

"Publisher yang bagus itu pasti menunjukkan informasi mengenai batas waktu sampai tanggal berapa jurnal dapat di-submit dan mendapat respons. Ini menunjukkan pengelolaan yang bagus, karena paham seperti apa tanggung jawab sebagai publisher," kata Dosen Informatika Untag Surabaya tersebut.

Berita tentang Surabaya

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved