Breaking News:

Berita Surabaya

Komisi C DPRD Kota Surabaya Soroti LPJ Walikota untuk APBD 2020

Komisi C DPRD Kota Surabaya memberikan catatan berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP), dengan tujuh dinas yang juga merupakan dari mitra Badan

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/febrianto
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Aning Rahmawati, saat memberikan catatan perbaikan berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) 

Reporter: Febrianto Ramadani I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi C DPRD Kota Surabaya memberikan catatan berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP), dengan tujuh dinas yang juga merupakan dari mitra Badan Anggaran (Banggar).

Dari APBD yang dianggarkan Rp 2,5 M, untuk pengajuan pembangunan, sarana prasarana pada seluruh dinas, hanya bisa terealisasi Rp 600 juta dengan segala kondisi yang ada.

Komisi C menilai, usulan masyarakat perlu diperhatikan dengan skala prioritas. Terutama terkait pengendalian banjir di pemukiman.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Aning Rahmawati, memaparkan, nilai aset pemerintah kota Surabaya senilai Rp 45,9 T, baik itu berupa tanah, bangunan maupun lahan lahan produktif lainnya.

Pemkot harus melakukan kajian terhadap aset yang bisa dikelola untuk menghasilkan pendapatan sah bagi masyarakat.

"Atas program, anggaran maupun kegiatan yang saat ini sedang disusun. Raperda LPJ pelaksanaan APBD harus dievaluasi, dikritisi secara tuntas untuk perbaikan kinerja pada tahun berikutnya," ujarnya, Senin (12/7/2021).

Aning menyampaikan catatan perbaikan, terkait upaya pemerintah untuk meningkatkan PAD di masa pandemi.

Secara keseluruhan pendapatan menurun karena kondisi pandemi. Namun ada beberapa sektor pendapatan yang ternyata justru meningkat.

"Di antaranya pendapatan Retribusi dari sektor pengelolaan sampah di dinas DKRTH, baik itu pengelolaan sampah, limbah atau daur ulang, ini menjadikan berita gembira bahwa dengan pengelolaan sampah yang tepat, selain Surabaya sebagai bebas sampah, pendapatan retribusinya juga naik," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved