Breaking News:

Berita Kota Madiun

Jelang Hari Raya Idul Adha, DKPP Kota Madiun Cek Kesehatan Hewan Kurban ke Sejumlah Peternak

Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, DKPP Kota Madiun melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban ke sejumlah peternak.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, menggelar pengecekan hewan kurban ke sejumlah peternak di Kota Madiun, Senin (12/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rahadian Bagus

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, menggelar pengecekan hewan kurban ke sejumlah peternak di Kota Madiun, Senin (12/7/2021).

Kabid Pertanian DKPP Kota Madiun, Herman Prakoso mengatakan, pengecekan dilakukan secara rutin ke peternak dan penjual hewan kurban di Kota Madiun.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kondisi fisik dan fisiologis, serta cukup umur untuk disembelih.

"Dalam pengecekan dilihat apakah hewan cacat atau tidak, dicurigai sakit atau tidak," kata Herman, usai melakukan pengecekan hewan ternak di Kelurahan Tawangrejo

Dia menambahkan, setelah peternak, dalam minggu ini akan dilakukan pengecekan hewan kurban milik para penjual.

Herman menambahkan, masyarakat juga diminta tidak khawatir terhadap penularan virus Covid-19 (virus Corona) pada hewan terhadap manusia.

Herman mengatakan, pandemi tidak mempengaruhi kesehatan hewan kurban. 

Baca juga: Forkopimda Madiun Sidak Stasiun Pengisian Oksigen, Pastikan Pasokan untuk Rumah Sakit Aman

"Pandemi Covid-19 tidak ada unsur penularan hewan ke manusia. Tetapi kita antisipasinya pembinaan pada peternak, harus mematuhi protokol kesehatan misal pakai thermo gun, hand sanitizer atau cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak," imbuhnya. 

Herman juga mengimbau bagi para peternak ataupun penjual hewan kurban agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan-hewan yang akan dijadikan kurban.

Berita tentang Kota Madiun

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved