Euro 2020

Lewis Hamilton Beri Dukungan pada 3 Pemain Inggris yang Jadi Korban Rasisme: Bangga

Juara bertahan Formula 1 (F1) asal Inggris, Lewis Hamilton, memberikan dukungan pada tiga pemain timnas Inggris yang menjadi korban rasisme.

Editor: Taufiqur Rohman
(AFP/CLIVE MASON)
Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia ketujuhnya setelah menjadi pemenang F1 GP Turki pada Minggu (15/11/2020) malam WIB. Ini sekaligus menjadikannya pemenang F1 2020 meski masih ada tiga seri tersisa. 

Editor: Taufiqur Rochman

TRIBUNJATIM.COM - Juara bertahan Formula 1 (F1) asal Inggris, Lewis Hamilton, memberikan dukungan pada tiga pemain timnas Inggris yang menjadi korban rasisme pascafinal Euro 2020.

Pasukan The Three Lions harus mengubur impian mereka untuk mengangkat trofi Euro 2020.

Pada pertandingan final yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, skuad asuhan Gareth Southgate tumbang dari Italia 2-3 melalui adu penalti.

Kegagalan tiga eksekutor penalti Inggris -yang secara kebetulan merupakan pemain kulit hitam- yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka, membuat tim tuan rumah hanya bisa menyelesaikan kejuaraan sepak bola empat tahunan tersebut sebagai runner-up.

Hasil inilah yang kemudian menjadi kesempatan bagi para suporter rasialis untuk melakukan perudungan secara daring alias cyber bullying.

Tak lama setelah Inggris gagal mengangkat Piala Eropa, komentar-komentar rasisme yang menyasar akun personal Rashford, Sancho, dan Saka berseliweran di media sosial.

Selaku aktivis kesetaraan orang-orang kulit hitam, Lewis Hamilton pun tidak tinggal diam.

Melalui sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Hamilton menyebut kejadian tersebut "menunjukkan bahwa Inggris masih punya banyak PR untuk diselesaikan" terkait dengan aksi rasialis.

"Saya harap kejadian ini membuka percakapan mengenai penerimaan," tulis Hamilton.

"Kita harus bekerja menuju masyarakat yang tidak mengharuskan pemain kulit hitam untuk membuktikan nilai atau tempat mereka di masyarakat hanya melalui kemenangan."

"Pada akhirnya, semua orang di timnas sepak bola Inggris harus bangga dengan pencapaian mereka dan bagaimana mereka mewakili kami," tulis Hamilton lagi.

Selain Lewis Hamilton, reaksi serupa juga digaungkan sang kapten timnas sepak bola Inggris, Harry Kane.

Saking geramnya dengan aksi rasialis tersebut, Kane secara terbuka "mengusir" barisan kelompok itu.

"Kalau kalian merundung siapapun di media sosial, kalian bukan suporter Inggris dan kami tidak menginginkan kalian," tulis Kane di akun Twitter-nya.

Artikel ini telah tayang di Bolasport.com dengan judul "Dukungan Lewis Hamilton untuk 3 Pesepakbola Inggris yang Jadi Korban Rasisme Pascafinal Euro 2020"

Ikuti berita seputar Euro 2020

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved