Breaking News:

Berita Surabaya

Warga Nggak Perlu Antre, Vaksinasi di G10N Surabaya Bakal Pakai Undangan Bergelombang

Pemkot Surabaya melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan vaksinasi massal di Gelora 10 November (G10N) Surabaya. Ke depan, Pemkot akan

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar Adi Sagita
surya/Bobby
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gelora 10 November Tambaksari Surabaya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan vaksinasi massal di Gelora 10 November (G10N) Surabaya. Ke depan, Pemkot akan menggunakan sistem undangan untuk mengantisipasi antrean. 

Dalam pelaksanaan vaksinasi selama lima hari, Selasa-Minggu (6-10 Juli) lalu, sebanyak 144.268 kalangan umum mendapat vaksinasi. Calon penerima vaksin ber-KTP Surabaya bisa mendaftar secara langsung di stadion. 

Namun, mekanisme ini ternyata bukan tanpa masalah. Tingginya antusiasme tersebut seringkali mengakibatkan kepadatan di jam-jam tertentu. 

Dampaknya, warga juga harus mengantre cukup panjang. Bahkan, petugas sampai harus mengarahkan calon penerima vaksin ke beberapa tribun sebagai titik transit sebelum mendapat vaksin. 

Mengantisipasi hal tersebut terulang, Pemkot menyiapkan strategi berbeda. Pemkot akan memberikan undangan kepada para calon penerima vaksin. 

Undangan akan dibagi per-kelurahan. Dalam satu hari akan dibuat dalam beberapa jadwal. 

Sehingga, calon penerima vaksin bisa menyesuaikan kedatangan dengan waktu penyuntikan. "Kami akan buat dengan sistem undangan. Jadi, kelurahan a, kelurahan b, kelurahan c, warganya kita kasih undangan dengan waktu berbeda," kata Cak Eri.

Rencananya, sistem undangan akan dibuat perjam. Misalnya, warga kelurahan A yang mendapat estimasi vaksinasi pada pukul 08.00-09.00 WIB bisa datang 15 menit sebelumnya. 

Baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Batu Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Berikut Hasilnya

Pun apabila mendapat jatah sore hari, calon penerima vaksin bisa menyesuaikan. "Sehingga tak perlu antre. Masuk, langsung vaksin, kemudian bisa pulang," kata Cak Eri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved