Breaking News:

Berita Nganjuk

Berikut Aturan Pelaksanaan Sembelih Hewan Qurban di Nganjuk saat PPKM Darurat

Plt Bupati Nganjuk keluarkan surat edaran (SE) pengaturan pelaksanaan ibadah di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/AMINATUS SOFYA
Ilustrasi - Lapak penjualan hewan kurban 

Laporan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Plt Bupati Nganjuk keluarkan surat edaran (SE) pengaturan pelaksanaan ibadah di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Surat Edaran nomor 451/1898/411.013/2021 tersebut juga sebagai petunjuk pelaksanaan malam takbiran, Salat Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban tahun 1442 Hijriyah/2021 M di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, M Yasin menjelaskan, pelaksanaan Idul Adha tahun 2021 ini harus mengikuti beberapa aturan.

Mengingat Hari Raya Idul Adha kali ini bertepatan dengan diberlakukannya PPKM Darurat di Kabupaten Nganjuk.

"Semua petunjuk dalam pelaksanaan Idul Adha sudah diatur secara terperinci dalam SE yang dikeluarkan Plt Bupati Nganjuk," kata M Yasin dalam rapat koordinasi yang diikuti peserta dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Nganjuk, takmir masjid calon penerima hewan qurban, maupun perwakilan organisasi keagamaan, Rabu (14/7/2021).

Dikatakan M Yasin, sesuai SE disebutkan kalau untuk pemotongan hewan qurban dilaksanakan di area yang luas.

Dengan demikian memungkinkan diterapkannya jaga jarak serta membatasi jumlah petugas dengan melarang kehadiran pihak selain petugas pemotong hewan Qurban.

Selainn itu, semua pihak yang terlibat ditempat penyembelihan hewan qurban harus menerapkan Prokes untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sedangkan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, menurut M Yasin, tahun ini Pemkab Nganjuk akan menyerahkan empat ekor sapi sebagai hewan qurban.

Direncanakan, Plt Bupati yang akan menyerahkan hewan qurban Pemkab Nganjuk tersebut. Serta dua sapi dari BAZNAS Kabupaten Nganjuk, satu ekor sapi dari Bank Jatim Cabang Nganjuk, dan dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk yang masing-masing memberi satu ekor sapi.

"Hewan Qurban tersebut rencananya akan diserahkan di empat lokasi. Yakni Masjid Al Mubarok Berbek, Masjid Agung Baitussalam, Basid Al Fuqron, Kelurahan Werungotok Kecamatan Nganjuk, dan Kantor PCNU di Dusun Jali Desa Bungur Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk," tutur M Yasin.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved