Breaking News:

Berita Gresik

Bupati Gresik Tambah Ratusan Tempat Tidur di Stadion Gelora Joko Samudro

Sebanyak ratudan tempat tidur akan ditambah di dalam Sadion Gelora Joko Samudro yang dinaikkan statusnya untuk menangani pasien gejala sedang

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat menyapa pasien di stadion Gelora Joko Samudro bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Selasa (13/7/2021) sore. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Sebanyak ratusan tempat tidur akan ditambah di dalam Stadion Gelora Joko Samudro yang dinaikkan statusnya untuk menangani pasien gejala sedang. Hal ini untuk membantu mengurangi beban keterisian rumah sakit yang hampir penuh.

Saat ini, Stadion yang berada di Jalan Veteran, Kecamatan Kebomas itu memiliki 140 tempat tidur. Menangani pasien dengan gejala ringan.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengaku memilih memaksimalkan Stadion Gelora Joko Samudro, agar beban rumah sakit berkurang. Sebanyak 17 rumah sakit rujukan akan fokus menangani pasien covid-19 dengan gejala berat saja.

Stadion Gelora Joko Samudro akan dimanfaatkan lantai 2 dan lantai 3.

"200 tempat tidur untuk pasien gejala sedang di lantai 2, kemudian 300 tempat tidur untuk gejala ringan di lantai 3," ucapnya, Rabu (14/7/2021).

Pria akrab disapa Gus Yani ini juga memasang pipa dengan ukuran 3 dim sepanjang 1 kilometer. Membentang dari lantai dua stadion Gelora Joko Samudro ke pabrik perusahaan oksigen PT Samator yang ada di belakang stadion.

Pihaknya memberi batas waktu 7 hari pemasangan pipa yang akan menjadi distribusi oksigen. Sebagai upaya mengatasi kelangkaan tabung oksigen. Sehingga ketersediaan oksigen medis untuk pasien gejala sedang sudah tersedia di dalam stadion.

"Ini kondisi darurat, misi impossible untuk mengurangi beban rumah sakit. Saya beri waktu satu minggu untuk pemasangan pipa. Kita maksimalkan stadion gelora joko samudro," tegasnya.

Selain memaksimalkan stadion Gelora Joko Samudro. Gus Yani juga menyiapkan bantalan sosial.

Baca juga: Vaksinasi Mulai Jangkau Pelajar, Pemrov Jatim Targetkan 70 Persen Warga Tervaksin di Agustus

Membuka posko yang berisi para relawan. Setiap posko ada dua mobil ambulans dengan tugas mengantar pasien covid-19 dan mengantar jenazah covid-19.

Posko tersebut masing-masing yaitu Posko I di Kantor Kecamatan Kebomas meliputi Kecamatan Kebomas, Gresik dan Manyar.

Posko II di Kantor Kecamatan Kedamean meliputi Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo dan Wringinanom. Posko III di kantor Kecamatan Cerme meliputi Kecamatan Cerme, Duduk Sampeyan, Balongpanggang dan Benjeng. Posko IV di kantor Kecamatan Sidayu meliputi Kecamatan Sidayu, Bungah, Ujungpangkah, Dukun dan Panceng.

“Masing-masing Posko akan memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk masyarakat terdampak serta warga yang isolasi mandiri yang berada di wilayahnya. Mereka akan dilengkapi dengan berbagai kebutuhan misalnya ambulance, bantuan sembako dan vitamin serta beberapa obat-obatan yang diperlukan," tutupnya. (wil)

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved