Breaking News:

Berita Kabupaten Kediri

Ketua PCNU Kabupaten Kediri Imbau Daerah yang Aman Covid-19 Gelar Salat Jumat dengan Prokes Ketat

Ketua PCNU Kabupaten Kediri, KH Makmun, mengimbau daerah yang aman dari Covid-19 untuk menggelar salat Jumat dengan protokol kesehatan ketat.

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Farid Mukarrom
Pengumuman takmir Masjid An Nur Pare Kediri soal salat tarawih, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Ketua PCNU Kabupaten Kediri, KH Makmun mengimbau pada daerah yang aman dari Covid-19 (virus Corona) untuk melaksanakan salat Jumat dengan protokol kesehatan ketat.

Saat dikonfirmasi, Gus Makmun, sapaan akrabnya, menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi anjuran yang disampaikan oleh pemerintah terkait penanganan Covid-19, dengan menutup sementara tempat ibadah, dan menganjurkan beribadah dari rumah.

"Sebagai upaya menghambat penyebaran Covid-19, anjuran ini sangat baik. Kami sangat apresiasi setinggi-tingginya terhadap kebijakan ini," ungkapnya, Jumat (16/7/2021).

Kendati demikian, jika kebijakan ini dihadapkan dengan salat Jumat, secara hukum ini wajib dilaksanakan di daerah yang aman.

"Namun memang ada benturan ketika dihadapkan dengan jumatan (salat Jumat). Di mana ini juga wajib dan tidak boleh ditinggalkan kecuali ada bahaya yang sudah benar-benar nyata. Maka kalau di daerah yang amanpun, harus tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

Sementara itu, Takmir Masjid An Nur Pare Kabupaten Kediri, Hadi Purnomo, memilih untuk tidak menggelar salat Jumat.

Menurut Hadi Purnomo, meskipun pihaknya tak menyelenggarakan salat berjamaah, tetapi Masjid An Nur Pare tetap akan mengumandangkan azan sebagai pengingat waktu salat.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Baru di Kabupaten Kediri Tembus 523 Orang, Tertinggi Kedua se-Jawa Timur

"Kita tetap azan di masjid, tetapi masyarakat tak diperkenankan untuk salat di sini (An Nur Pare) sebagai langkah ikuti aturan pemerintah," jelasnya.

Oleh sebab itu, Hadi Purnomo menyampaikan kepada masyarakat untuk bisa melaksanakan salat di rumah masing-masing.

"Kami patuh aturan pemerintah, karena saat ini sedang ada wabah demi menjaga keselamatan kita bersama," tuturnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved