Breaking News:

Berita Surabaya

Dukungan 8 Kampus Kedokteran Energi Baru Tangani Covid-19 Surabaya

Ketercukupan tenaga kesehatan (nakes) dan perawat terus diupayakan termasuk merekrut relawan dokter dan perawat dari kampus kampus kedokteran dan

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Januar Adi Sagita
Freepik
Ilustrasi Corona atau Covid-19 di Surabaya 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -Pemkot Surabaya terus melakukan percepatan dan optimalisasi penanganan Covid-19

Ketercukupan tenaga kesehatan (nakes) dan perawat terus diupayakan termasuk merekrut relawan dokter dan perawat dari kampus kampus kedokteran dan STIKES.

Pemkot Surabaya juga terus melakukan pendekatan agar para lulusan Fakuktas Kedokteran dan STIKES bisa diperbantukan menjadi nakes di Surabaya. Kedua belah pihak terus mematangkan kerja sama kampus dan Pemkot Surabaya

 "Kami bersyukur mendapat dukungan dari berbagai kampus kedokteran. Ini energi baru buat kami menangani covid di Surabaya," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Jumat (16/7/2021).

Pemkot akan berupaya keras mencukupi kebutuhan nakes. Apalagi saat ini semua Puskesmas di Surabaya beroperasi 24 jam. Begitu juga dioperasikannya RS Lapangan Tembak dan rencana RS Lapangan lain. 

Wawali Armuji menyebutkan bahwa hasil rapat dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya bahwa saat ini ada 270 dokter terpapar covid. Perlunya relawan dokter. Pemkot pun menggelar rapat bersama delapan Fakultas Kedokteran dan STIKES yang ada di Kota Surabaya.

Wawali Cak Ji menerima berbagai masukan dari para Dekan Fakultas Kedokteran. Para dekan ini menyebutkan bahwa mematangkan rekrutmen relawan medis harus dimulai dari perencanaan , pemetaan, hingga pelaksanaan.

Hasilnya sekumlah Fakultas Kedokteran siap membantu. Di antaranya FK Universitas Ciputra. Segera menyul kampus lain. Termasuk STIKES Yayasan RS Dr Soetomo yang siap ditempatkan di beberapa Puskesmas Surabaya.

Baca juga: Mentoring Jagoan Tani Banyuwangi, Pelaku Ekonomi Kreatif: Anak Muda Keren Kalau Geluti Pertanian

Delapan Fakultas Kedokteran menyatkan kesiapan mendukung langkah optimalisasi penanganan  covid dengan penyiapan nakes. Di antaranya FK Unair, Universitas Ciputra, UNUSA, Universitas Muhammadiyah, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Hang Tuah, Universitas Widya Mandala, Universitas Surabaya, STIKES Yayasan RS Dr Soetomo dan Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved