Breaking News:

Berita Gresik

Gus Yani Gandeng Relawan untuk Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 di Gresik

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bergerak cepat dengan membentuk relawan menangani Covid-19. Salah satunya gotong royong menggandeng para relawan

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani melihat pelatihan pemulasaran jenazah di Ruang Putri Mijil, Pendopo Kabupaten Gresik, Sabtu (17/7/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bergerak cepat dengan membentuk relawan menangani Covid-19. Salah satunya gotong royong menggandeng para relawan dari berbagai unsur untuk mengurangi beban para nakes. 

Bergerak cepat, membentuk relawan guna mendukung kegiatan pemerintah menangani Covid-19 di Gresik. Semua unsur dilibatkan untuk bersatu menangani Covid-19. Meski hari libur, Gus Yani sapaan akrabnya menggelar pelatihan relawan di ruang Putri Mijil, Pendopo Kabupaten Gresik, Sabtu (17/7/2021).

"Selain tenaga kesehatan, kami telah menggandeng Ultras Gresik, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Fatayat, Nasyiatul Aisyiyah, dan unsur masyarakat lainnya. Meski masih dalam tahap konsolidasi dan koordinasi pembentukan, tapi hari ini para relawan telah kami bekali pengetahuan pemulasaraan jenazah," ucapnya. 

Relawan ini nantinya akan dibagi menjadi tiga divisi. Yakni nakes, pemulasaraan, dan bantalan sosial. Untuk nakes, akan difokuskan guna akselerasi vaksinasi. Nantinya, pusat vaksinasi kabupaten akan disebar. 

"Wilayah selatan, tengah, dan utara. Tidak hanya bertumpu di WEP (Wahana Ekspresi Poesponegoro) saja. Sistemnya nanti sama dengan apa yang berlangsung di WEP. Kami akan mengoptimalkan aplikasi yang sudah kita miliki, yakni Gresikpedia," terangnya. 

Sementara untuk pemulasaraan. Per hari ini, kata Gus Yani, sudah terkumpul sekitar 80-an relawan. Para relawan ini nanti akan disebar di sembelian rumah sakit rujukan pemulasaraan Covid. Yaitu, rumah sakit PKU Sekapuk, RS Fatma Medika, RS Petrokimia Gresik, RS Semen Gresik, RS Randegan Sari, RS Surya Medika, RS Wates Husada, RS Petrokimia Driyorejo dan RSUD Ibnu Sina. 

"Adapun untuk sosial, akan kami perbantukan di posko-posko darurat yang telah kami dirikan di 5 titik yang tersebar. Semoga ikhtiar ini bermanfaat bagi masyarakat Gresik. Kita tunjukkan, dengan kebersamaan, dengan gotong royong, Gresik bisa melalui pandemi Covid ini. Gresik kompak, Gresik kuat," terangnya. 

Ketua relawan pemulasaran jenazah Gus Yani menunjuk Toriqi Fajerin. Kemudian dr. Singgih Widi Pratomo, ditunjuk sebagai koordinator relawan nakes untuk program vaksinasi. Lalu, ketua koordinator Posko PPKM darurat Covid-19, bantalan sosial bagi warga terdampak PPKM darurat dan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah adalah Zainal Abidin. (wil)

Baca juga: LMI Bantu Warga Isoman, Warga Ngaku Sangat Terbantu dengan Lembaga dan Ojol Nusantara

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved