Breaking News:

Ibu Hamil Perlu Coba Diet Rendah Garam, Upaya Cegah Hipertensi dan Jaga Imun di Tengah Pandemi

Cegah risiko hipertensi pada ibu hamil dan meningkatkan imunitas di masa pandemi. dr Johanes Chandrawinata sebut salah satu caranya diet rendah garam

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Hefty Suud
Freepik
ILUSTRASI - Mencegah hipertensi dan jaga imun ibu hamil di tengah pandemi Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Angka kejadian pre-eklamsia (hipertensi pada kehamilan) sebenarnya lebih tinggi di negara berkembang seperti Indonesia, persentasenya mencapai sekitar 7 - 10 persen.

Menurut dr Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik di Melinda Hospital Bandung, mengontrol asupan kalori dan nutrisi lainnya sangat penting untuk mencegah risiko hipertensi pada ibu hamil.

"Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya," kata dr Johanes saat menjadi narasumber dalam Webinar Event Peran Gizi Sebagai Langkah Pengendalian Hipertensi dan Menjaga Sistem Imun dalam Kehamilan, Sabtu (17/7/2021).

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang memperbanyak sayuran dan ikan, dan strategi diet rendah garam.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Melakukan Perawatan Kecantikan? Ini Jawabannya

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan ikan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi gestasional sebesar 14 persen dan pre-eklamsia sebesar 21 persen," jelas dr Johanes, di acara webinar yang digelar PT Ajinomoto Indonesia bersama Gizi Kebugaran Indonesia tersebut.

dr Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik di Melinda Hospital Bandung saat Webinar yang digelar Ajinomoto Indonesia. 
dr Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik di Melinda Hospital Bandung saat Webinar yang digelar Ajinomoto Indonesia.  (Istimewa/Ajinomoto Indonesia )

Melakukan diet rendah garam juga menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degenerative seperti hipertensi.

"Dengan mencegah hal tersebut, peluang kita untuk menjaga sistem imun semakin tinggi," tambah dr Johanes.

Sudah banyak penelitian tentang penurunan asupan natrium (garam).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved