Breaking News:

Berita Jatim

Khofifah Tunggu Inmendagri Soal Perpanjangan PPKM Darurat di Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa pihaknya menunggu inmendagri yang bersifat resmi terkait kelanjutan PPKM Darurat apakah

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan depo isi ulang oksigen gratis di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Sabtu (16/7/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa pihaknya menunggu inmendagri yang bersifat resmi terkait kelanjutan PPKM Darurat apakah akan diperpanjangan atau tidak di Jatim. 

Pasalnya, PPKM Darurat di Jawa Bali semula akan diberlakukan hingga tanggal 20 Juli 2021 mendatang atau kurang tiga hari lagi. Namun ditegaskan Khofifah bahwa sampai hari ini pihaknya belum menerima inmendagri yang menjadi dasar pelaksanaan PPKM darurat. 

"Kita tunggu inmendagrinya. Ya kita dapat info itu (perpanjangan PPKM Darurat) dari Menko PMK. Tapi kita akan menunggi terbitnya inmendagrinya. Karena sesungguhnya PPKM Darurat ini kan sampai 20 Juli sekarang masih tanggal 17 Juli 2021," tegas Khofifah dalam wawancara di Dishub Jatim, Sabtu (17/7/2021).

Sebagaimana diketahui bahwa PPKM Darurat di Jatim sudah diterapkan 3 Juli 2021. PPKM Darurat dilakukan dengan tujuan menurunkan mobilitas masyarakat agar penyebaran covid-19 bisa diturunkan. 

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan di Tribunnews disebutkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang hingga akhir Juli 2021. Sebelumnya, PPKM Darurat berlaku hingga 20 Juli 2021.

"Bapak Presiden sudah memutuskan bahwa PPKM Darurat ini akan diperpanjang sampai akhir Juli," kata Muhadjir dalam rekaman suara yang diterima Tribunnews, Jumat (16/7/2021).

Muhadjir mengungkapkan keputusan itu diambil dalam rapat kabinet terbatas setelah melihat situasi pandemi saat ini. Meski belum sepenuhnya pasti, Muhadjir menyebut keputusan perpanjangan PPKM Darurat akan diumumkan secara resmi.

Baca juga: Bantu UMKM, Persik Kediri Beri Layanan Paid Promote Gratis Selama Pandemi Covid-19

Ia menambahkan, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), perpanjangan PPKM Darurat ini memiliki banyak risiko. Mengutip Tribunnews, termasuk bagaimana cara menyeimbangkan standar PPKM, bantuan sosial, dan mendisiplinkan masyarakat agar patuh protokol kesehatan.

"Tadi Bapak Presiden sudah menyampaikan perpanjangan ini memang banyak risiko. Termasuk bagaimana supaya seimbang antara meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar PPKM dan bantuan sosial," bebernya.

(Fz/fatimatuz zahroh) 

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved