Breaking News:

Berita Jatim

PAN Jatim Minta Penanganan Pandemi Covid-19 Harus Dipastikan Optimal

Lonjakan kasus Covid-19 yang belakangan ini terjadi juga disikapi oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jatim. Dalam situasi

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar Adi Sagita
Istimewa/TribunJatim.com
Webinar bertajuk ‘Manajemen Krisis Hadapi Lonjakan Pandemi Covid-19’ yang diselenggarakan oleh DPW PAN Jawa Timur, Jumat (17/7/2021) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Adanya lonjakan kasus Covid-19 yang belakangan ini terjadi juga disikapi oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jatim. Dalam situasi ini, dibutuhkan penanganan yang luar biasa agar situasi benar-benar terkendali. 

Hal itu mengemuka dalam webinar bertajuk ‘Manajemen Krisis Hadapi Lonjakan Pandemi Covid-19’ yang diselenggarakan oleh DPW PAN Jawa Timur, Jumat (17/7/2021) malam. 

Prof DR Zainuddin Maliki, Ketua Dewan Pakar DPW PAN Jatim dalam kesempatan itu mengatakan, penanganan harus dapat terus dipastikan optimal. Segala hal yang telah dilakukan harus menjadi catatan evaluasi.  

"Tanpa bermaksud mengecilkan apa yang sudah diupayakan pemerintah, namun ada beberapa catatan yang bisa dijadikan bahan evaluasi. Bahwa saat ini yang berlangsung adalah kejadian luar biasa. Maka penanganannya juga harus luar biasa," kata dia dalam diskusi virtual itu. 

Dia menilai implementasi dari manajemen penanganan darurat saat ini masih perlu dipastikan lagi dengan baik. Selain itu, juga perlu konsistensi kebijakan dalam penanganan wabah. Jika tidak, menurut dia, maka penanganan tidak akan maksimal. 

Sehingga, lanjut Zainuddin Maliki, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat dan tegas agar bisa menjalankan manajemen penanganan darurat dengan efektif. 

“Situasi krisis saat ini adalah ujian sebenarnya bagi kualitas kepemimpinan publik. Pemimpin harus bisa mendistribusikan sumber daya dengan optimal agar penanganan bisa berjalan sistematis dan terpenuhi dengan baik,” tandasnya. 

Disisi lain, anggota DPR RI ini juga meminta pemerintah di tingkat pusat hingga daerah serta seluruh kelembagaan untuk berkolaborasi memastikan langkah yang sama. Hal itu penting untuk juga memastikan optimalnya penerapan kebijakan. 

"Terpadu dan konsisten dalam menerapkan kebijakan. Karena masalah pandemi ini menyangkut keselamatan jiwa bersama, bukan lagi urusan kelompok atau orang per orang,” ujarnya. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Revitalisasi Enam Pasar di Kota Malang Terus Berjalan

Selain Prof Zainuddin Maliki, beberapa narasumber yang juga turut hadir diantaranya adalah Hj Intan Fauzi, yang merupakan Anggota Komisi IX F-PAN DPR RI. 

Lalu, Penasehat Field Epidemiology Training Program Indonesia DR. I Nyoman Kandun, MPH. Kemudian, Heri Romadhon Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim. Serta, Waketum Kadin Jawa Timur DR. H Edi Purwanto. 

Sementara itu, Soetrisno Bachir yang menjadi keynote speaker dalam webinar ini, mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengukir takdir dengan mengambil peran meluaskan manfaat dalam situasi pandemi.

“Maksimalkan ikhtiar untuk bergotong-royong membantu semampu kita, menyelamatkan jiwa sesama,” ujar Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN ini.

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved