Breaking News:

Berita Kabupaten Kediri

Bupati Mas Dhito Segera Tuntaskan Program Perbaikan Jalan 'Jeglongan Sewu' Penghubung Kediri-Blitar

Bupati Hanindhito Himawan Pramana segera menuntaskan program perbaikan jalan 'jeglongan sewu' atau seribu lubang, penghubung Kediri-Blitar.

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Pemkab Kediri
Perbaikan jalan 'jeglongan sewu' di Desa Gedangsewu, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana segera tuntaskan perbaikan jalan 'jeglongan sewu' di Desa Gedangsewu, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021).

Seperti yang diketahui sebelumnya, jalan jeglongan sewu atau seribu lubang merupakan jalan penghubung Kediri-Blitar.

Jalan ini diketahui mengalami kerusakan parah sejak tahun 2020. 

Kerusakan jalan di Gedangsewu ini meresahkan masyarakat Kabupaten Kediri.

Mendengar keluhan masyarakat, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana langsung perintahkan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki kerusakan jalan sepanjang 1,8 KM itu.

Saat ini Dinas PUPR memiliki 6 paket pengerjaan infrastruktur peningkatan jalan kabupaten yang telah selesai tender, dan rata-rata progresnya sudah tinggi. 

Bahkan untuk proyek jalan Gedangsewu Plosoklaten dengan konstruksi rigid pavement (perkerasan kaku) saat ini telah mencapai 44 persen, dari progres awal 5 persen. 

Sesuai target Bupati Hanindhito, diharapkan perbaikan bisa selesai akhir Agustus 2021 nanti.

Paket lain saat ini sedang dalam progres, bahkan paket pengerjaan yang menggunakan konstruksi asphalt concrete atau aspal hot mix telah selesai 100 persen. 

Selain itu, untuk pemeliharaan rutin jalan, Dinas PUPR juga menindaklanjuti laporan dari aplikasi Halo Mas Bup maupun yang telah direncanakan oleh Dinas PUPR. 

Baca juga: Warga Kediri yang Isoman Meninggal di Rumah, BPBD dan Satpol PP Bersinergi Jemput Jenazah Covid-19

Saat melakukan pertemuan dengan kades se-Kecamatan Banyakan, Mas Bup juga mendapat keluhan atas infrastruktur jalur akses Bajulan Kalipang yang merupakan akses penghubung Selingkar Wilis yang menghubungkan 6 kabupaten di lereng Wilis. 

Dalam pengerjaannya, Dinas PUPR bekerja sama dengan TNI yakni melalui program TMMD. 

Dinas PUPR telah mengadakan tender pengadaan material yang estimasinya akhir Juli selesai, sehingga program TMMD di ruas jalan tersebut bisa dimulai Agustus mendatang. 

Untuk konstruksi yang digunakan adalah lapen atau lapis penetrasi dengan panjang total sekitar 3,7 kilometer.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved