Breaking News:

Berita Pasuruan

Gus Irsyad Imbau Warga Kabupaten Pasuruan Tak Lakukan Takbir Keliling, Bantu Tekan Lonjakan Covid-19

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta tidak melakukan takbir keliling pada saat malam hari Raya Idul Adha 1442 H. Upaya menekan sebaran virus Corona.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Galih Lintartika
Bupati Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta seluruh umat muslim di Kabupaten Pasuruan tidak melakukan takbir keliling pada saat malam hari Raya Idul Adha 1442 H

Instruksi tersebut disampaikan Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan, untuk menekan penyebaran virus Corona ( Covid-19 ) di masyarakat.

Pasalnya, tingkat penularan virus Corona masih tinggi hingga saat ini.  

“Untuk malam hari Raya Idul Adha, jangan sampai ada takbiran. Mohon semua pimpinan wilayah mengajak tokoh dan masyarakat. Pengurus NU juga bisa diajak bersama-sama sosialisasi ke desa," katanya, Minggu (18/7/2021).

Baca juga: Imbauan Ibadah Idul Adha 2021 dari PCNU Ponorogo, Mulai Salat hingga Penyembelihan Hewan Kurban

Ia juga menekankan kepada Camat, Kepala Desa maupun Lurah agar lebih intens lagi dalam memberikan pemahaman kepada warganya untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

“Mohon ada sosialisasi PPKM Darurat yang dilakukan secara bersama-sama. Baik Camat, Kepala Desa, Lurah, Ketua RT/ RW, mari bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat”, himbaunya.    

Gus Irsyad menegaskan, peran seluruh lapisan masyarakat dalam menerapkan PPKM Darurat jelas akan sangat berdampak signifikan.

Terutama untuk membantu menekan lonjakan kasus aktif Covid-19.

"Pak Lurah saya minta bisa terus bergerak menyampaikan sosialisasi PPKM Darurat ke Ketua RT/ RW. Pemdes juga harus lebih optimal. Tentunya peran serta dari lingkup terkecil akan lebih efektif mencegah kerumunan," urainya.

Baca juga: 20 Pasien Covid-19 Meninggal H -4 Lebaran Kurban, Bupati Bangkalan Imbau Tidak Mudik: Tahan Rindu

Diketahui, mengacu SE Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 disebutkan bahwa kegiatan malam takbiran di masjid/musoalla maupun takbir keliling ditiadakan di seluruh Kabupaten/Kota yang diterapkan PPKM Darurat

Begitu juga dengan sholat Idul Adha. Sebagai gantinya, selama pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat, sholat Idul Adha dapat dilakukan di kediaman masing-masing. 

Berita tentang Pasuruan

Berita tentang Idul Adha 2021

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved