Breaking News:

Berita Jember

Masjid Jami' Jember Tidak Gelar Salat Idul Adha, Pemkab Minta Warga Salat di Rumah Saja

Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember tidak menggelar pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H, Selasa (19/7/2021). Peniadaan salat Idul Adha ini seiring....

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sriwahyunik
Masjid Jami Al Baitul Amien Jember 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember tidak menggelar pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H, Selasa (19/7/2021).

Peniadaan salat Idul Adha ini seiring larangan dari pemerintah, yang dituangkan melalui sejumlah surat edaran, baik Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, maupun Bupati Jember.

Di sisi lain, Masjid Jami' Kabupaten Jember itu berada di kecamatan yang kini masuk dalam zona merah yakni Kecamatan Patrang.

"Kami mengikuti saran dari pemerintah, bahwa masjid yang berada di zona merah dilarang menggelar salat Idul Adha. Selain itu, kami di pengurus yayasan ini juga menaati kebijakan dari pembina masjid. Jadi besok tidak ada Salat Idul Adha di sini, tutup," ujar Ketua Yayasan Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember Muhammad Hasien kepada Surya ( Tribun Jatim Network ), Senin (19/7/2021).

Hasien menegaskan, Salat Idul Adha bisa dilakukan di rumah masing-masing.

"Bahkan jika mau tidak salat juga tidak apa-apa, karena salat Idul Adha itu sunah bukan wajib," tegasnya.

Namun jika ada warga Jember yang tetap ingin melaksanakan salat Idul Adha berjamaah di masjid, dia menyarankan untuk mencari masjid yang berada di zona kuning dan hijau.

Sementara dari peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Jember hingga 18 Juli malam, tidak ada kecamatan di Jember masuk masuk zona kuning dan hijau. 31 kecamatan terdiri ada zona merah, dan oranye.

Selain melaksanakan aturan dari pemerintah, pihak pengelola masjid itu telah menutup sementara masjid tersebut untuk kegiatan semua salat berjamaah, dan kegiatan lain di Masjid Jami' Al Baitul Amien.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved