Breaking News:

Berita Tuban

Salat Idul Adha Ditiadakan, Puluhan Pejabat Kemenag Tuban Batalkan Jadwal Khotbah

Aturan PPKM Darurat mulai 3-20 Juli, membuat aktivitas masyarakat terbatas, termasuk pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid ditiadakan untuk.....

Penulis: M Sudarsono | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sudarsono
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, menanggapi puluhan pejabat kemenag tuban yang membatalkan jadwal khotbah 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3-20 Juli, membuat aktivitas masyarakat terbatas, termasuk pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid ditiadakan untuk sementara.

Bahkan, puluhan pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban memilih membatalkan jadwal khotbah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) Kemenag harus berada di garda terdepan untuk mengamankan dan menjalankan SE Menag 17 tahun 2021.

Saat rapat disepakati, semua pejabat dan ASN Kemenag Tuban yang sudah mendapatkan jadwal khotbah Idul Adha, supaya membatalkan dan mengkoordinasikan dengan panitia setempat.

"Segenap pimpinan, baik Kepala Kantor, Kasubag TU, Kasi, Kepala KUA dan ASN Kemenag, berkomitmen untuk tidak bertindak sebagai Khotib dan Imam salat Idul Adha di masjid atau di lapangan," ujarnya, Senin (19/7/2021).

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Tuban, Mashari menambahkan, para Kepala KUA yang sudah menerima jadwal khotib dan imam salat sudah membatalkan. Pihak yang dibatalkan juga bisa memahami kondisi tersebut.

Hal itu juga sesuai dengan edaran surat dari Kakanwil Kemenag Jatim tanggal 16 Juli 2021, tentang pelaksanaan salat Idul Adha di rumah saja.

"Jajaran pimpinan Kemenag rata-rata sudah menerima pinangan untuk menjadi khatib maupun imam salat Idul Adha, namun dibatalkan memilih salat dan menjadi khatib di tengah-tengah keluarga," ungkapnya.

Kepala KUA Kecamatan Kerek, Nurul Yaqin Anas menyatakan, telah membatalkan jadwal khotbah salat Idul Adha di salah satu masjid di kota Tuban.

Menurutnya, sebagai ASN Kemenag harus menjadi uswah atau contoh kepada masyarakat.

"Pandemi ini hendaknya kita terima dengan ikhlas, ridha, pasrah kepada Allah SWT, sambil terus berdoa dan memohon supaya musibah ini tidak ditambah lagi," tutupnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved