Breaking News:

Berita Bisnis

Soal Galon Guna Ulang Aman, Arzeti Bilbina Percaya dan Serahkan ke BPOM: Itu Tanggung Jawab Mereka

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Arzeti Bilbina, menyerahkan sepenuhnya kepada BPOM sebagai lembaga yang berwenang.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Sudarma Adi
istimewa
Anggota DPR RI komisi IX, Arzeti Bilbina 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Untuk masalah keamanan kemasan pangan termasuk kemasan plastik yang berbahan Bisfenol A (BPA), Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Arzeti Bilbina, menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai lembaga yang berwenang.

Karena, menurutnya, semua kemasan pangan yang sudah terdaftar di BPOM itu sudah melalui uji laboratorium yang sangat valid.  

"Untuk keamanan pangan di Indonesia ini, kita memang harus berkiblatnya ke BPOM, karena itu tanggung jawab mereka yang melakukannya," kata Arzeti, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Lawan Covid-19, Arzeti Bilbina Minta Semua Pihak Solid: Harus Dipikirkan Perekonomian Kita

Lebih lanjut, Arzeti menambahkan, karena apa yang dikeluarkan BPOM itu sudah pasti aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Yang masih perlu dilakukan BPOM adalah mensosialisasikan ke masyarakat mengenai kemasan-kemasan apa saja yang aman dikonsumsi terutama dan bagaimana cara memperlakukan kemasan pangan itu agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

Setiap kemasan pangan pasti ada potensj migrasi ke bahan pangan yang dikemas. "Beberapa kemasan plastik, misalnya, tidak bisa dipanaskan di microwave," tambah Arzeti.

Baca juga: Arzeti Bilbina Ajak Masyarakat Solid Putus Rantai Covid-19: Pakai Masker dan Rajin Cuci Tangan

Menurut Arzeti, BPOM perlu memberikan edukasi sejelas mungkin kepada masyarakat, mengenai karakteristik dari semua kemasan pangan plastik.

Baik yang mengandung BPA dan kemasan plastik. Misalnya, kemasan pangan yang mengandung BPA itu tidak boleh dipanaskan di microwave.

“Nah, hal-hal seperti ini yang perlu diedukasi dan terus disosialisaikan BPOM kepada masyarakat agar mereka juga tahu cara yang tepat untuk memperlakukan kemasan pangan plastik tersebut," ungkap Arzeti.

Baca juga: Uji Lab terbaru BPOM 2021 Pastikan Galon Guna Ulang Tetap Aman

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved