Breaking News:

Berita Gresik

Gelar Pengamanan Idul Adha, Kapolres Gresik: Jangan Sampai Momen Istimewa Jadi Penyebaran Covid-19

Gelar pengamanan Hari Raya Idul Adha dan pemotongan hewan kurban, Kapolres Gresik: Jangan sampai momen istimewa jadi potensi penyebaran Covid-19.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Persiapan pengamanan wilayah saat Hari Raya Idul Adha di halaman Mapolres Gresik, Senin (19/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 (virus Corona) dan gangguan kamtibmas, Polres Gresik melarang pelaksanaan takbir keliling saat malam tabir Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Gresik menggelar apel kesiapan, Senin (19/7/2021).

Berlangsung di halaman Mako Polres Gresik, apel tersebut dipimpin Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, didampingi Dandim 0817, Letkol Inf Taufik Ismail.

“Malam ini kita laksanakan pengamanan malam takbiran. Berlanjut keesokan harinya pengamanan salat Idul Adha dan pembagian daging kurban,” kata AKBP Arief Fitrianto.

Dijelaskan, selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, masyarakat diimbau agar mengurangi mobilitas, tidak keluar rumah dan menghindari kerumunan, termasuk tidak menggelar takbir keliling.

“Petugas yang melaksanakan pengamanan tidak terpaku pada pelarangan pelaksanaan ibadah, namun dalam hal ini dititikberatkan pada pergerakan masyarakat. Jangan sampai ada kegiatan takbir keliling. Kegiatan dilakukan mulai pukul 18.00-23.00 WIB,” jelasnya.

Alumnus Akpol 2001 itu mewanti-wanti agar masjid yang melaksanakan salat Idul Adha sekaligus pemotongan hewan kurban agar menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Partai Nasdem Gresik Salurkan 2 Ekor Sapi 1 Ton ke Masjid Desa Banyuwangi: Mari Berbuat Kebaikan

"Jangan sampai momen istimewa ini menjadi potensi penyebaran Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0817/Gresik menyebut pelaksanaan pengamanan akan dilakukan di wilayah masing-masing. Jajaran Danramil di Kabupaten Gresik diinstruksikan agar mengimbau masyarakat untuk takbiran di masjid secara bergantian. Tidak perlu takbir keliling.

"Diimbau kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid sementara waktu,” tegasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved