Breaking News:

Berita Malang

Kota Malang Masuk PPKM Level 4 Aturan Tetap Sama dengan PPKM Darurat

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat kini telah diperpanjang hingga 25 Juli 2021 mendatang

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Januar Adi Sagita
Tribun Jatim Network/Sylvianita Widyawati
Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau kamar mayat (KM) RSUD Saiful Anwar Malang di Jalan Belakang Rumah Sakit, Minggu (11/7/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Rifky Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat kini telah diperpanjang hingga 25 Juli 2021 mendatang.

PPKM Darurat ini berganti nama dengan PPKM level 4, di mana Kota Malang menjadi salah satu kota yang menerapkan PPKM Level 4 ini.

Hal ini sesuai dengan aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Menindaklanjuti hal tersebut, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, segala aturan yang diterapkan saat PPKM Darurat lalu, hampir sama dengan aturan di PPKM Level 4 ini.

Pelaksanaan kegiatan di warung, kafe maupun restoran tetap dilarang untuk makan di tempat. Dan hanya diperbolehkan untuk pesan antar atau dibungkus.

Begitu juga untuk pusat perbelanjaan tetap diharuskan untuk ditutup. Kecuali yang berhubungan dengan akses untuk kebutuhan pokok seperti Supermarket diperbolehkan buka.

"Sebetulnya secara substansial itu gak ada perubahan, hanya memang perubahan namanya saja, yang awalnya PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4," ucap Sutiaji, Rabu (21/7).

Meski aturan dan cara pengetatannya sama, Sutiaji mengatakan, bahwa keterisian tempat tidur atau Bed Occcupancy Rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Malang dan angka penambahan pasien positif Covid-19 masih mengkhawatirkan.

Baca juga: Panik Hendak Disembelih, Sapi Kurban di Lumajang Hampir Serang Pengendara Motor

Oleh sebab itu, belajar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun lalu, Sutiaji mengkhawatirkan nantinya akan ada lonjakan kasus Covid-19 di Kota Malang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved