Breaking News:

Berita Surabaya

PPKM Darurat Diperpanjang, Komisi B DPRD Surabaya Minta Penegakan Dilakukan Secara Humanis

Keputusan pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM hingga 26 Juli 2021, membuat penegakan peraturan terhadap operasional usaha tetap diperketat

Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Anggota DPRD Surabaya, John Thamrun 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Keputusan pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM Darurat hingga 26 Juli 2021, membuat penegakan peraturan terhadap operasional usaha tetap diperketat.

Agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat, proses penegakan di lapangan diminta lebih humanis. Khususnya terhadap para pekerja dari usaha ekonomi skala kecil dan menengah.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun menjelaskan penegakan humanis ini agar tercipta win-win solution.

"Karena kondisi di lapangan sejak PPKM kemarin beberapa usaha mengeluhkan penegakan aturan. Terutama terhadap para pekerjanya," kata John Thamrun, Rabu (21/7/2021). 

Oleh sebab itu, politisi PDI Perjuangan Surabaya ini menilai peristiwa di beberapa lokasi kemarin tidak perlu terjadi.

"Karena kondisi saat ini sudah membuat warga stres. Sehingga petugas juga jangan terlalu saklek, kalau bahasa Suroboyoannya," terang pria yang akrab disapa JT.

Ia mencontohkan, jika usaha sudah mau tutup pada jam aturan yang diberlakukan. Para petugas yang terdiri dari unsur kepolisian, TNI, dan Satpol PP  jangan terlalu agresif yang dapat memantik emosi.

Dengan adanya proses penegakan aturan PPKM Darurat yang lebih humanis, secara tidak langsung masyarakat bisa memahami."Saya rasa seperti itu. Apalagi para pengusaha atau pelaku ekonomi di sini juga mendukung pemutusan rantai covid. Namun, bagaimana caranya agar tidak terjadi gesekan dilapangan harus dipikirkan," ucap politisi berlatar belakang pengacara  ini.

Langkah tersebut dikatakan JT sangat berdampak pada kondisi psikis masyarakat. Khususnya para pekerja atau pegawai dari usaha resto maupun para pedagang kecil.

Baca juga: Ringankan Beban Tim Pemulasaran, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Malang Serahkan Bantuan Sembako

"Karena kondisi saat ini sudah amat menyusahkan dari sisi ekonomi. Belum lagi persoalan pengusaha yang terpaksa mem-PHK pegawainya lantaran usaha sudah tidak bisa bertahan. Tetap tenang, humanis namun waspada," terang JT.

Kumpulan berita Surabaya terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved