Breaking News:

Berita Malang

PPKM Darurat Diperpanjang, Pemadaman Lampu PJU Dan Penyekatan Jalan Berlanjut

Pemerintah pusat telah memutuskan, bahwa PPKM Darurat diperpanjang hingga tanggal 25 Juli 2021

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar
surya/Edgar
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah pusat telah memutuskan, bahwa PPKM Darurat diperpanjang hingga tanggal 25 Juli 2021.

Keputusan itu pun dipatuhi oleh semua pihak, tanpa terkecuali oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Malang.

Dengan perpanjangan PPKM Darurat Kota Malang, kebijakan memadamkan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Malang juga berlanjut.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, kebijakan memadamkan lampu PJU sangat efektif menekan mobilitas masyarakat.

"Ada tiga indikator evaluasi yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. Yaitu Facebook Mobility, Google Activity, dan pemantauan cahaya malam hari dari satelit NASA dan NOAA," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (21/7/2021).

Dirinya mengungkapkan, Menko Marves menilai positif kebijakan pemadaman lampu PJU tersebut.

Baca juga: Cara Melihat Jumlah Pelamar Lulus Verifikasi CPNS 2021 Jawa Timur, Cek Juga 3 Tips Lolos Seleksi

"Dengan adanya intensitas cahaya malam hari, yang dipadamkan pukul 20.00 WIB dan diberlakukan jam malam. Berdasarkan penilaian Menko Marves, hal itu sangat efektif menekan mobilitas masyarakat. Sehingga Kota Malang, dapat keluar dari zona hitam mobilitas masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengungkapkan, bahwa kebijakan memadamkan lampu PJU terus berlanjut seiring perpanjangan PPKM Darurat.

"Pemadaman lampu PJU terus berlanjut hingga PPKM Darurat berakhir. Kalau PPKM Darurat sudah berakhir, lampu PJU akan dinyalakan normal seperti semula," terangnya.

Yoppi menerangkan, pemadaman lampu PJU sangat efektif menekan mobilitas masyarakat di Kota Malang.

"Sangat efektif, bahkan hampir sepi (arus lalu lintas di Kota Malang). Dapat menekan mobilitas masyarakat hingga 50 persen lebih. Karena kalau lampu PJU dipadamkan, otomatis orang akan malas keluar," ungkapnya.

Tidak hanya pemadaman lampu PJU, kebijakan penyekatan jalan juga terus dilakukan seiring perpanjangan PPKM Darurat.

"Selama PPKM Darurat, penyekatan jalan tetap dilakukan. Untuk titik titik penyekatan, tidak ada perubahan sama sekali," tandasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved