Breaking News:

Berita Surabaya

Tahanan Rutan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Divaksin, Kapolres: Kesehatan adalah Hak Warga Negara

Meski berstatus tersangka dan ditahan dalam kurungan penjara, tak membuat hak para penghuni rumah tahanan Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak kehilangan

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/firman
Tahanan Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat jalani vaksinasi di Mapolres 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Firman Rachmanudin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meski berstatus tersangka dan ditahan dalam kurungan penjara, tak membuat hak para penghuni rumah tahanan Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak kehilangan haknya.

Tak terkecuali saat vaksinasi massal yang dilakukan pemerintah guna membentuk herd immunity menangkal Covid-19 di Surabaya khususnya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum secara bijaksana memfasilitasi pemberian hak vaksinasi kepada para tahanan tersebut.

"Kawan-kawan kita yang ada di dalam tahanan, mereka juga bagian dari warga negara Indonesia yang harus dipenuhi haknya sekalipun proses hukum tetap berjalan sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan. Saat ini vaksinasi menjadi salah satu hak kesehatan mereka yang ditanggung oleh pemerintah," kata Ganis, Kamis (22/7/2021).

Para tahanan tersebut disuntikkan dosis vaksin Sinovac pada Kamis (22/7/2021) siang.

Dalam kesempatan itu, wakil ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti yang turut meninjau vaksinasi tahanan itu mengaku sangat terenyuh.

Reni menyebut bahwa diatas supremasi hukum, kemanusiaan lah yang menjadi landasannya.

"Ini juga tentang kemanusiaan dimana warga negara yang terlibat tindak pidana juga punya hak untuk tetap terakomodir kebutuhan pokoknya salah satu adalah kesehatan. Vaksinasi ini adalah salah satu yang dilakukan pemerintah tak terkecuali kepada para kawan-kawan yang ditahan karena terlibat tindak pidana," ujar Reni.

Reni menyebut, percepatan vaksinasi tak akan dapat berjalan tanpa dukungan stake holder dan juga masyarakat.

Sebab, tujuan vaksinasi adalah membentuk herd immunity atau kekebalan komunal dengan capaian diatas 70 persen angka vaksinasi dari jumlah total penduduk.

"Terkait dengan percepatan vaksinasi, Surabaya pada posisi tertinggi cakupan sejatim. Data sementara untuk vaksin pertama, sudah mencapai 48 persen per 18 Juli kemarin, targetnya nanti September bisa diatas 70 persen," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved