Breaking News:

Berita Probolinggo

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Kota Probolinggo Ditunda Seiring Penerapan PPKM Darurat

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah Kota Probolinggo ditunda sementara seiring dengan penerapan PPKM Darurat antisipasi penyebaran Covid-19

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Ilustrasi pembelajaran tatap muka - Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Kota Probolinggo Ditunda Seiring Penerapan PPKM Darurat. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Probolinggo ditunda sementara.

Hal itu menyusul adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat 3-25 Juli 2021, dan kini diperpanjang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Moch Maskur mengatakan, sebenarnya pembelajaran tatap muka untuk jenjang Paud, TK, SD, dan SMP direncanakan berlangsung pada tahun ajaran baru 2021/2022 atau tepatnya 12 Juli 2021 lalu.

Standar Operasional Prosedur (SOP) pembelajaran tatap muka pun telah disusun oleh masing-masing lembaga sekolah.

"Namun, pembelajaran tatap muka kami tunda dulu seiring adanya penerapan PPKM Darurat. Lembaga sekolah melangsungkan pembelajaran jarak jauh atau daring," katanya kepada TribunJatim.com melalui sambungan telepon, Kamis (22/7/2021).

Penyusunan SOP pembelajaran tatap muka, lanjut Maskur, mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

SOP tersebut salah satunya membatasi jumlah siswa yang masuk sekolah, yakni hanya 50 persen saja. Para siswa dan guru juga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat saat pembelajaran tatap muka berlangsung.

"Seluruh lembaga sekolah sudah siap menerapkan pembelajaran tatap muka. Sarana prasarana pendukung protokol kesehatan telah tersedia. Kendati begitu, dalam situasi seperti ini tidak mungkin kami laksanakan. Pembelajaran tatap muka kami tunda," paparnya.

Baca juga: Jumlah Pengunjung Perpustakaan Umum Kota Probolinggo Turun Drastis Selama Pandemi Covid-19

Ia menjelaskan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka juga harus mendapat persetujuan orang tua siswa. Apabila, salah satu orang tua ada yang tak mengizinkan, sang anak bisa belajar secara daring.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved