Breaking News:

Berita Kota Batu

Dusun Brau Kota Batu Segera Miliki Kandang Sapi Komunal, Rencananya Pengerjaan Selesai Akhir Tahun

Dusun Brau Kota Batu segera miliki kandang sapi komunal, rencananya pengerjaan akan selesai akhir tahun 2021.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/DISKOMINFO BATU
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meresmikan wisata edukasi susu sapi perah di Dusun Brau, Jumat (23/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu berencana membangun kandang sapi komunal di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu.

Pagu anggaran untuk membangun kandang sapi komunal itu sebanyak Rp 722 juta bersumber dari APBD Kota Batu 2021.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono mengatakan, proyek ini telah ditenderkan dengan diikuti 21 peserta.

Setelah ada pemenangnya, maka akan segera dimulai pembangunan kandang komunal di Dusun Brau. Rencananya, pengerjaan akan selesai akhir tahun 2021.

Diterangkan Sugeng, mayoritas warga Dusun Brau adalah peternak sapi perah. Kondisi itulah yang membuat dirinya ingin membangun kandang komunal di sana.

Pembangunan kandang komunal ini sejalan dengan pengembangan potensi wisata edukasi susu perah di Dusun Brau. Sehingga wisatawan bisa mengetahui proses hulu hilir produksi susu sapi perah.

"Kami optimistis kandang sapi terpadu bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia.

Menanggapi rencana tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan segera mempercepat realisasi pembangunan kandang komunal itu. Apalagi dana yang dibutuhkan telah dianggarkan dalam APBD 2021.

Keberadaan kandang komunal sangat dibutuhkan, karena jumlah populasi sapi lebih banyak dibanding penduduknya di Dusun Brau. Selama ini, hewan ternak itu masih ditempatkan di kandang yang berada berdempetan dengan rumah warga.

Baca juga: Paguyuban Pengelola Vila Tanggapi Rencana Penertiban Perizinan oleh Pemkot Batu

Kata Hari, dengan adanya kandang komunal, sapi-sapi milik warga bisa ditempatkan secara terpusat. Nantinya bisa menjadi tempat edukasi bagi wisatawan yang ingin mengetahui proses produksi susu sapi perah.

"Pengembangan sektor pariwisata di Kota Batu harus didukung penuh. Salah satunya di Desa Gunungsari yang memiliki potensi peternakan sapi perah. Dengan potensi yang sudah ada itu kami meminta agar dukungan fisik seperti pembangunan kandang sapi terpadu diprioritaskan,” ujar dia.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved