Breaking News:

Berita Kediri

Bed Rumah Sakit di Kediri Terbatas Brankar Mobil Ambulans Terpaksa Dipakai Pasien

Melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Kediri membuat ketersediaan bed perawatan pasien di rumah sakit menjadi serba terbatas.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Didik Mashudi
Ambulans emergency yang dioperasikan oleh Tim Rescue Kediri Raya mengevakuasi dari rumah pasien ke rumah sakit, Minggu (25/7/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Kediri membuat ketersediaan bed perawatan pasien di rumah sakit menjadi serba terbatas. 

Akibatnya brankar mobil ambulans terpaksa dipakai tidur pasien.

Nur Khamid, relawan Tim Rescue Kediri Raya (TRKR) mengungkapkan, sudah seringkali brankar mobil ambulans operasionalnya digunakan pasien yang tidak mendapatkan bed perawatan di rumah sakit. 

"Sudah sering kali brankar mobil ambulans kami dipinjam pasien yang tidak mendapatkan bed perawatan di rumah sakit. Sehingga sering kali mobil ambulans menyangkut pasien tanpa brankar," ungkap Nur Khamid kepada tribunjatim, Minggu (25/7/2021). 

Seperti kejadian terbaru, setelah ambulans TRKR mengangkut pasien dari Kelurahan Bujel, brankar ambulans dipinjam pasien karena memang sudah tidak tersedia lagi bed perawatan di rumah sakit.

"Sekarang rumah sakit sudah penuh dengan pasien sehingga sudah tidak ada lagi tempat tidur untuk pasien sehingga brankar ambulans kami juga digunakan," ungkapnya.

Nur Khamid menuturkan, dalam sehari ambulans TRKR bisa operasional mengevakuasi pasien sampai 5 kali di wilayah Kediri Raya. 

"Kalau brankar dipakai pasien, pasien yang kami angkut berikutnya tidak pakai brankar lagi. Jadi serba darurat sekarang," tambahnya.

Untuk itu Nur Khamid menghimbau kepada masyarakat yang memiliki brankar atau tempat tidur ambulans yang sudah tidak terpakai bisa dipinjamkan untuk operasional ambulans TRKR.

"Beberapa kali saya mengantar pasien brankarnya dipinjam pasien di rumah sakit," tambahnya.

Baca juga: Mulai Besok, Pemprov Jatim Sediakan Pengisian Oksigen Gratis Di Bakorwil Malang

Kejadian brankar ambulans yang dipinjam pasien sudah sering kali terulang dan merata terjadi di hampir semua rumah sakit untuk rujukan pasien Covid-19 di Kota Kediri.
Kondisi ambulans tanpa brankar ini bakal menyulitkan jika ambulans TRKR digunakan untuk mengangkut pasien lagi. 

"Kalau menolong pasien mobil ambulans tanpa brankar kami yang kesulitan. Padahal kami setiap saat mendapatkan permintaan mengangkut pasien," ujarnya.
Nur Khamid juga menghimbau kepada masyarakat untuk menaati peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19

"Tolong masyarakat taati protokol kesehatan. Sekarang semua rumah sakit di Kediri sudah penuh dengan pasien. Sampai brankar mobil ambulans kami juga dipakai pasien," ungkapnya.(didik mashudi)

Kumpulan berita Kediri terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved