Breaking News:

Berita Sidoarjo

Raperda RPJMD Sidoarjo 2021-2026 Berjalan Mulus, Semua Fraksi DPRD Berikan Kata Sepakat

Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang RPJMD Sidoarjo 2021 – 2026 berjalan mulus. Semua fraksi di DPRD Sidoarjo menerima dan menyetujui raperda

Penulis: M Taufik | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/M Taufik
Bupati Sidoarjo saat menghadiri Rapat Paripurna terkait persetujuan RPJMD Sidoarjo 2021-2026 di gedung DPRD Sidoarjo 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO – Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang RPJMD Sidoarjo 2021 – 2026 berjalan mulus.

Semua fraksi di DPRD Sidoarjo menerima dan menyetujui raperda itu untuk ditetapkan menjadi Perda.

Persetujuan semua fraksi itu dibacakan dalam rapat paripurna yang dihadiri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor bersama sejumlah pejabatnya dan juga dihadiri hampir semua anggota DPRD Sidoarjo di Gedung dewan, Sabtu (24/7/2021)

“Tentu kami sangat berterimakasih kepada semua anggota DPRD Sidoarjo. Atas dukungan dan kerjasama yang baik dalam pembahasan dan penyusunan RPJMD Sidoarjo 2021-2026 ini sehingga menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang akuntabel dan berkualitas untuk lima tahun mendatang,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah.

Dalam hal ini, Bupati Sidoarjo membawa misi terwujudnya Sidoarjo yang sejahtera, maju, berkarakter dan berkelanjutan yang dijabarkan dalam lima misi.

Antara lain mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan tangkas melalui digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan publik dan kemudahan usaha.

Kedua, membangkitkan pertumbuhan ekonomi yang berfokus kepada kemandirian lokal berbasis usaha mikro, koperasi, pertanian, perikanan serta sektor jasa dan industri untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan.

Ketiga membangun infrastruktur ekonomi dan sosial yang moderen dan berkeadilan dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Keempat membangun SDM yang unggul dan berkarakter melalui akses pelayanan bidang pendidikan, kesehatan serta kebutuhan dasar lainnya.

Yang terakhir mewujudkan masyarakat yang relegius dan berpegang teguh pada nilai-nilai keagamaan serta mampu menjaga kerukunan sosial antar warga. Visi dan misi Kabupaten Sidoarjo tersebut diselaraskan dengan agenda nasional dan Provinsi Jawa Timur.

“RPJMD sebagai instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah nantinya akan menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam menyusun Renstra yang menjadi dasar penyusunan RKPD,” lanjut Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor.

Dalam penyusunan Renstra, perangkat daerah wajib mengacu pada visi misi, tujuan sasaran kebijakan dan program yang telah tercantum dalam dokumen RPJMD.

Begitu pula dengan penyusunan Renja perangkat daerah dan dokumen pelaksanaan anggaran perangkat daerah wajib mengacu pada program dan indikator yang tercantum pada Renstra perangkat daerah.

“Sehingga mampu mewujudkan konsistensi pada dokumen perencanaan penganggaran sampai dengan evaluasi dan pelaporan,” ujarnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved