Breaking News:

Berita Mojokerto

Bulog Siap Gelontor 2.136 Ton Beras Bantuan PPKM di Tiga Wilayah Mojokerto-Jombang

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Cabang Surabaya Selatan siap  menggelontorkan beras sebanyak 2.136 ton atau 2 juta kilogram sebaga

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Mohammad Romadoni
Aktivitas pengemasan beras untuk Bansos di Gudang Bulog Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Cabang Surabaya Selatan siap menggelontorkan beras sebanyak 2.136 ton atau 2 juta kilogram sebagai bantuan PPKM Tahun 2021.

Bantuan PPKM ini adalah bagian program Penyaluran Bantuan Beras (BSB) Kementerian Sosial dan menunjuk Bulog sebagai pelaksana pengadaan beras yang  diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) di tiga wilayah yaitu Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. 

Pemimpin Cabang Kantor Bulog Surabaya Selatan, Lela Nurita menjelaskan pihaknya memakai stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk memenuhi kuota Bansos PPKM dari Kemensos yakni beras kualitas medium dalam kemasan 10 kilogram.

"Total beras yang disiapkan Bulog untuk Bansos dari Kemensos KPM/PKH maupun BST di tiga wilayah Kota/ Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang sebanyak 2.136,99 ton atau kurang lebih 2,1 juta kilogram," ungkapnya di Kantor Bulog Surabaya Selatan Jl RA Basuni, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (26/7/2021).

Lela yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid PBI Kantor Bulog Wilayah Sumatera Barat ini mengatakan adapun rincian secara keseluruhan jumlah KPM di Kota Mojokerto yakni 3.163 PKH, BST 11.844 total 15.007 Kemudian, KPM di Kabupaten Mojokerto yakni 37.496 PKH, BST 44.445 total 81.941 Sedangkan, paling banyak jumlah KPM di Kabupaten Jombang yang mencapai 53.673 PKH dan BST 63.078  total 116.751.

"Keseluruhan jumlah KPM di tiga wilayah kami (Kota/Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang) berdasarkan data yang kami terima dari Kemensos yakni PKH 94.332 dan BST 119.367 sehingga totalnya 213.699," bebernya.

Menurut dia, Perum Bulog menyerahkan sepenuhnya distribusi Bantuan Beras PPKM kepada Transporter yaitu PT. DNR selaku pihak ketiga yang nantinya akan berkolaborasi dengan Dinas Sosial melalui pendamping PKH di wilayah setempat. 

Kemudian, pelaksanaannya tetap sama yaitu Transporter bertanggung jawab mengambil beras di gudang Bulog dan didistribusikan pada masing-masing KPM secara teknis mereka berkolaborasi dengan Dinsos setempat melalui pendamping PKH.

Estimasi distribusi akan menyesuaikan kapasitas angkut dari Transporter bersangkutan yakni berjumlah 22 truk sekitar 180 ton hingga 200 ton perhari.

"Jadi akan didistribusikan secara bertahap kami berupaya sebelum tanggal 13 Agustus sudah disalurkan," ucap Lela.

Ditambahkannya, ketersediaan stok beras CBP di gudang Bulog Cabang Surabaya Selatan dipastikan relatif aman hingga menjelang akhir tahun 2021.

"Stok total Bulog Surabaya Selatan area Mojokerto-Jombang kurang lebih sebanyak 20 ribu ton dan yang dipakai Bansos sekitar 2.000 ton," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved