Breaking News:

Berita Lumajang

Kendalikan Covid-19, Lumajang Segera Terapkan Isolasi Terpadu

Terus meningkatnya laju penularan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lumajang kini tengah mempersiapkan beberapa tempat untuk dijadikan program isolasi

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Januar
Freepik
Ilustrasi Corona atau Covid-19 di Lumajang yang alami kenaikan kasus 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Terus meningkatnya laju penularan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lumajang kini tengah mempersiapkan beberapa tempat untuk dijadikan program isolasi terpadu (isoter).

Isoter itu bertujuan untuk mengawasi pasien Covid-19 selama menjalankan masa isolasi.

Dengan demikian nantinya perawatan akan lebih maksimal untuk pemulihan kondisi ketika terpapar virus corona.

Rencananya, isoter itu akan ditempatkan di Rumah Diklat, Wisma Atlit, dan 2 kantor kecamatan. Tidak hanya itu, fasilitas umum di setiap desa nantinya juga akan dijadikan tempat isoter.

Selama program ini berjalan nantinya TNI Polri akan mengawasi proses percepatan penanganan pasien Covid-19.

Mulai dari melakukan tugas tracing, mendistribusikan obat-obatan, serta menyiapkan seluruh kebutuhan pasien isolasi, TNI dan Polri akan bahu menmbahu bersama pemerintah. 

Baca juga: Bagi-bagi Sembako ke Panti Sosial dan Vaksinasi 1.142 Peserta Warnai Hari Jadi Kota Kediri

Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Andi A Wibowo mengatakan pelayanan isoter nantinya juga akan melibatkan relawan tingkat desa maupun tenaga medis dari Dinas Kesehatan.

"Nanti kita dorong aparat desa untuk mengatur lokasi, didukung dengan sistem pengiriman makanan bergantian diurutkan warga yang tidak terpapar secara bergantian. Lalu, untuk perawatan dilaksanakan nakes desa dibantu kontrol Babinsa dan Bhabinkamtibmas," kata Andi.

Menurut Andi, program isoter secepatnya akan segera berjalan di Lumajang. Beberapa desa/kecamatan sudah diintervensi untuk menjalankan program tersebut yang diinisiasi oleh pemerintah pusat.

"Beberapa kecamatan/desa sudah kami dorong, sebagian wilayah sudah ada yang menyiapkan, sekarang sedang proses berjalan," pungkasnya.

Kumpulan berita Lumajang Terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved