Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Bantu Permudah Akses Obat Gratis Lewat Telemedisin

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji akan membantu warga di kampung-kampung yang isolasi mandiri karena covid lebih mudah mengakses platform obat gratis

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Januar
surya/nurainifaiq
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji akan membantu warga di kampung-kampung yang isolasi mandiri karena Covid-19 lebih mudah mengakses platform obat gratis dari Kemenkes.

Saat ini semua warga yang terpapar Covid-19 bisa mendapatkan obat gratis dari platform telemedesin.

Namun belum semua warga akrab dengan aplikasi ini. Apalagi warga di kampung-kampung dengan usia tidak muda akan kesulitan. Kalau harus daftar ke aplikasi, mereka sudah takut duluan.

"Harus dipermudah. Kami akan minta Kemenkes mengakomodasi setiap warga terpapar agar mendapat obat dan konsultasi dokter gratis lewat telemedisin," kata Wawali Armuji, usai menggelar rapat khusus dengan Kemenkes terkait layanan obat gratis bagi warga isoman, Selasa (27/7/2021).

Wawali Cak Ji bahkan meminta Kementerian Kesehatan bisa mempermudah akses warga mengakses platform tersebut melalui Puskesmas. Pemkot Surabaya akan mengupayakannya. Warga yang sudah tercatat positif covid langsung terdaftar. 

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedicine di lingkungan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun saat ini penggunaannya baru menjangkau skala perkotaan.

Sebelumnya layanan telemedicine ini diujicobakan di DKI Jakarta kemudian diperluas sehingga mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Selain Jabodetabek, kini penggunaan layanan telemedicine ini diperluas lagi, antara lain Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Baca juga: Pemilik 5 Weton ini Hidupnya Selalu Beruntung, Rezekinya Berlimpah, ini Karakternya

Ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved