Breaking News:

Berita Malang

Kurang Tenaga Kesehatan untuk Ditempatkan di Isoter Kota Malang, Begini Solusi Wali Kota Sutiaji

Pemkot Malang akui kekurangan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di ruang isolasi terpadu (Isoter). Begini solusi Wali Kota Malang, Sutiaji.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Hefty Suud
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang, Sutiaji, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifky Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kurangnya tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang untuk ditempatkan di ruang isolasi terpadu (Isoter) menjadi kendala yang kini dihadapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Isoter sendiri merupakan tempat untuk melakukan isolasi mandiri bagi pasien virus Corona ( Covid-19 ) yang fungsinya hampir sama dengan safe house.

Rencananya, Pemkot Malang kini sedang menyiapkan Isoter yang ditempatkan di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Malang.

"Isoter ini kami kendalanya di nakes. Maka akan kami lakukan bersama-sama mulai hulunya. Kecerdasan dan kepiyawaian dari orang-orang yang ada di tingkat RT/RW, itu nanti yang akan menjadi petugas di sana," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: RS Persada Hospital Malang akan Bangun Ruang Isolasi Berkapasitas hingga 50 Tempat Tidur

Cara lain yang nantinya akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang ialah dengan menggandeng perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran.

Nakes yang diterjunkan ialah mahasiswa di semester akhir.

Hal ini kata Sutiaji sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, di mana mahasiswa semester delapan sudah bisa membantu untuk penanganan di bidang kesehatan.

"Memang kami sangat kekurangan. Upaya penambahan ini sebenarnya sudah kami umumkan bolak balik di rumah sakit. Tapi dari 20 yang daftar, yang datang hanya tiga," ucapnya.

Baca juga: Wali Kota Malang Sutiaji Acungi Jempol Kepedulian Warga Gadang Bangun Dapur Umum untuk yang Isoman

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved