Breaking News:

Berita Gresik

Peredaran Ratusan Rokok Ilegal Digagalkan Bea Cukai Gresik, Diduga Sempat Kelabuhi Petugas PPKM

Kantor Bea Cukai Gresik berhasil gagalkan peredaran ratusan ribu batang rokok illegal. Modus Dititipkan mengelabuhi penyekatan ditipkan dalam bus AKAP

Penulis: Sugiyono | Editor: Hefty Suud
Istimewa/TribunJatim.com
ROKOK – Petugas Kantor Bea Cukai Gresik menunjukan barang bukti rokok tanpa cukai di Kantor Bea Cukai P2 Pelabuhan Gresik, Kamis (29/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK – Semalam, Kantor Bea Cukai Gresik melalui Seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) berhasil menggagalkan peredaran ratusan ribu batang rokok illegal tanpa pita cukai.

Modusnya, mengelabuhi penyekatan dengan menitipkan dalam angkutan umum bus antar kota antar provinsi (AKAP), Kamis (29/7/2019).

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Kabupaten Gresik, Bier Budy Kismulyanto mengatakan, pengungkapan tersebut dari hasil penangkapan seksi penindakan dan penyelidikan.

Rokok tanpa pita cukai itu dikirim melalui bus AKAP ke Sumatra dan berhasil digagalkan di Jalan Raya Ambeng-ambeng, Kecamatan Duduksampean, Gresik.

Baca juga: Bisnis Rokok Ilegal Masih Marak di Sidoarjo, Rugikan Negara Sampai Rp 4,9 Miliar

Penangkapan tersebut sekitar pukul 1.00 WIB.  Barang bukti yang diamankan berupa rokok sebanyak 320 ribu batang rokok tanpa cukai dalam 20 karton ukuran besar dan dimasukkan dalam bagasi bus.  Nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan sekitar Rp 320 juta.

Dari digagalkannya penyelundupan tersebut, seorang sopir bus berinisial M, warga Medan beserta kernetnya diamankan untuk dimintai keterangan.

“Pengakuan sopir, tidak tahu kalau korok tersebut tanpa pita cukai. Namun, pengirim masih dalam pengembangan,” kata Bier Budy.

Kemudian, di Kabupaten Lamongan, Bea Cukai Kabupaten Gresik juga berhasil menggalkan peredaran rokok tanpa cukai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved