Breaking News:

Berita Batu

Kekebalan Kelompok Diprediksi Terjadi di Kota Batu pada Maret 2022

Kekebalan kelompok atau herd immunity diperkirakan akan terjadi pada Maret 2022 di Kota Batu. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batu,

Penulis: Benni Indo | Editor: Januar
SURYA/BENNI INDO
Kepala Dinas Kesehatan Batu drg Kartika Trisulandari 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Kekebalan kelompok atau herd immunity diperkirakan akan terjadi pada Maret 2022 di Kota Batu. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batu, drg Kartika Trisulandari.

Sejauh ini, jumlah warga Kota Batu yang telah mendapatkan vaksin tercapai 26.7 persen Sedangkan target untuk membentuk kekebalan kelompok harus minimal 70 persen warganya telah menerima vaksin.

Namun begitu, proses vaksinasi juga tergantung distribusi vaksin yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Kota Batu. Jika distribusi lancar, maka proses kekebalan kelompok akan tercipta sesuai prediksi. Sebaliknya, jika tidak lancar, prediksi waktu kekebalan kelompok bisa mundur.

"Masih belum ada distribusi baru untuk Kota Batu saat ini. Sebelumnya ada tambahan sekitar 250 dosis, itu untuk tambahan dosis satu,” ujar Kartika.

Distribusi vaksin Covid-19 yang datang ke Kota Batu memang terbatas. Sehingga kelancaran penyaluran vaksinasi kepada masyarakat juga terkendala karena menyesuaikan jumlah ketersediaan vaksin.

Di sisi lain, masyarakat mulai banyak yang berminat mendapatkan vaksin. Bahkan, saat gelaran vaksinasi massal, ada sejumlah orang yang tidak bisa mendapatkan jatah karena vaksin sudah habis.

Pemkot Batu pun meminta masyarakat yang belum mendapatkan vaksin untuk bersabar sementara waktu sembari menanti kedatangan pasokan vaksin. Dengan adanya dukungan vaksinasi dari TNI/Polri, proses vaksinasi di Kota Batu diharapkan bisa menyasar kelompok-kelompok yang belum menerima.

“Kami sudah tiga kali vaksinasi bersama TNI/Polri. Total distribusi vaksin dari sekitar 1.370 dosis,” ucapnya.

Di saat masyarakat ingin mendapatkan vaksin, Pemkot Batu juga berencana memberikan vaksin dosis ketiga kepada para tenaga medis. Dosis vaksin ketiga adalah vaksin Moderna.

Sejauh ini, Kota Batu belum mendapat alokasi vaksin Moderna dari Pemerintah Pusat. Meskipun vaksin sudah datang ke Indonesia, penggunaannya masih di Kementerian Kesehatan dulu.

Baca juga: Hettich, Perusahaan Solusi Fitting Untuk Furnitur Resmi Tunjuk DASTOR Sebagai Distributornya di RI

“Belum ada informasi, kami belum dapat alokasi. Vaksin yang digunakan Moderna,” paparnya.

Ada sekitar 2000-an tenaga kesehatan yang akan mendapat vaksin Moderna di Kota Batu. Data tersebut sudah tercatat di Dinas Kesehatan Batu. Saat ini, Pemkot Batu tengah menunggu kuota yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. (Benni Indo)

Kumpulan berita Batu terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved