Breaking News:

Buat Social Story Bergambar, Kenalkan Arti Kematian di Masa Pandemi Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Forkesi Chapter Surabaya dan Special Needs Resources beri pengertian tentang kematian saat pandemi Covid-19 pada anak berkebutuhan khusus.

Penulis: Akira Tandika | Editor: Hefty Suud
Istimewa/Dok Pribadi
Kutipan bagian dari social story, hasil kolaborasi dari Forkesi Chapter Surabaya dan Special Needs Resources, untuk memberikan pengertian soal kematian pada anak berkebutuhan khusus (ABK). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Akira Tandika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kematian memang akan menghampiri siapa saja. Tua, muda, anak-anak, dewasa, pria, wanita, dan lain sebagainya.

Namun apa arti kematian itu? Pertanyaan ini akan sangat sulit dicerna oleh anak-anak. Terutama anak berkebutuhan khusus (ABK).

Saat ini di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ), jumlah kehilangan terus meningkat.

Bahkan tak jarang, itu pun dialami oleh ABK. Mereka merasakan kehilangan orang terkasih seperti, ibu, ayah, saudara, kakek, nenek, dan lainnya.

"Situasi itu membuat mereka bingung. Mereka tidak tahu harus memberi respon seperti apa. Sehingga, respon yang sering mereka keluarkan adalah marah, bingung, sedih, dan kadang juga tidak tahu harus berbuat apa," terang Ketua Forkesi Chapter Surabaya dan Founder Special Needs Resources Rosita Simin.

Baca juga: 137.440 Warga Kota Kediri Sudah Vaksinasi Covid-19, Saat Ini Vaksin Dosis 1 Kosong

Tak hanya ABK, orang di sekitar mereka pun bingung harus memberikan respon seperti apa untuk menghadapinya.

"Kebanyakan, baik orang tua, guru, terapis atau pengasuh, akan mengalami kesulitan untuk menjelaskan apa arti kematian pada ABK. Karena kematian adalah hal yang abstrak, tapi anak-anak butuh hal yang nyata untuk mendeskripsikannya," jelas Rosita.

Merespon hal itu, Forum Komunikasi Keluarga Spesial Indonesia (Forkesi) Chapter Surabaya berkolaborasi dengan Special Needs Resources untuk membuat sebuah social story bergambar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved