Breaking News:

Berita Mojokerto

Sempat Molor, Perbaikan Jalan Ambles dan Jembatan Putus di Dawarblandong Mojokerto Akan Terealisasi

Pengerjaan perbaikan jalan ambles dan jembatan putus di Dusun Sumberdadi, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang molor b

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Mohammad Romadoni
Kondisi jembatan ambles dan jembatan darurat di Dusun Sumberdadi, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Pengerjaan perbaikan jalan ambles dan jembatan putus di Dusun Sumberdadi, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang molor beberapa bulan lalu akhirnya akan terealisasi.

Kejelasan perbaikan jalan dan jembatan masuk dalam proyek pelebaran jalan Jatirowo - Cinandang senilai Rp3 miliar tersebut bakal terealisasi setelah pengumuman pemenang tender, pada Kamis (29/7/2021) kemarin.

"Ini sudah ada pemenang tender dan sudah kontrak jadi masih dalam proses pembuatan jaminan administrasi dan lain-lain kemudian realisasi," ungkap
Kabid Pemeliharaan Jembatan dan Jalan 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto, Henri Surya, Jumat (30/7/2021).

Henri menyebut perbaikan jembatan putus akan menggunakan kontruksi bahan material Box Culvert atau Top Bottom sepanjang kurang lebih lima meter.

Pihaknya menggunakan bahan Box Culvert dan diperkuat dengan sayap-sayap jembatan dan penahan jalan supaya jalan poros desa maupun kontruksi jembatan terhindar dari gerusan air Sungai Jenglot maupun dari saluran pembuangan ketika terjadi hujan lebat.

"Ini sudah kontrak dan pengukuran ulang dari pihak kontraktor dan konsultan sehingga pelaksanaan kita kejar jangan terlambat dari target selama 135 hari," bebernya.

Dia mengklaim proses lelang proyek infrastruktur khususnya perbaikan jalan dan jembatan di Kabupaten Mojokerto berjalan lancar meskipun masih ada sanggahan dari satu maupun dua kegiatan tersebut.

"Meskipun ada sanggah kita anggap lancar dan dari 33 kegiatan (Perbaikan jalan dan jembatan) sudah ada pemenangnya semuanya termasuk kegiatan di Gunungsari," ucap Henri.

Kepala Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Susanto mengatakan Pemdes telah menerima surat dari PUPR Kabupaten Mojokerto terkait pemberitahuan akan dimulainya perbaikan jalan ambles dan jembatan putus di Dusun Sumberdadi. Namun, dia juga belum dapat memastikan kapan realisasi perbaikan infrastruktur tersebut.

"Saya cuma menerima surat akan dimulai pembangunan itu jalan poros desa dan jembatan namun kita tahu kapan realisasinya," jelasnya.

Menurut dia, Pemdes sebatas memberikan sumbangsih yakni dengan membersihkan lahan disekitarnya dan merapikan pipa-pipa saluran air milik warga yang berada di kawasan perbaikan jalan poros desa.

Sebelumnya, pihaknya bersama dengan TNI dibantu warga membuat jembatan darurat dari bahan bambu untuk mobilitas warga setempat.

"Untuk kerusakan jalan poros desa sekitar 700 meter dan rencana untuk lebar jembatan itu enam meter dan panjang sekitar empat meter sampai 5 meter," terangnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved