Breaking News:

Laboratorium dan Museum Pendidikan Islam Diharapkan Ada di Kampus 3 UIN Malang

Laboratorium dan Museum Pendidikan Islam diharapkan ada di Kampus 3 UIN Malang. Sehingga bisa melengkapi wisata edukasi di Kota Batu.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Rektor UIN Malang, Zainuddin melihat sebagian koleksi Laboratorium dan Museum Pendidikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jumat (30/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Zainuddin melaunching Laboratorium dan Museum Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), seusai melakukan sertijab, Jumat (30/7/2021)

Dekan FITK, Agus Maimun berharap, ada space di kampus 3 UIN Maliki Malang di Kota Batu.

"Sehingga bisa melengkapi wisata edukasi di Kota Batu," jelas Agus Maimun saat memberikan sambutan.

Sedangkan Ketua Pengelola Laboratorium dan Museum Pendidikan Islam, Yhadi Firdiansyah menjelaskan, hal ini bermula dari gagasan dekan FITK, Agus Maimun. Ia kemudian memberikan SK tugas pada empat dosen untuk merintis. Saat ini jumlah dosen yang diberi tugas ada lima orang.

"Sekarang ada lima dosen muda untuk merintis ini. Sesuai arahan dekan, berisikan tokoh-tokoh pendidikan Islam dan pemikirannnya, tentang pondok pesantren dan madrasah yang memiliih peran pada pendidikan Islam di Indonesia, dokumen dan manuskrip dari dosen-dosen UIN dan lain-lain," kata Yhadi.

Untuk mewujudkan ini, telah dilakukan studi banding di museum di Lamongan.

"Tidak menutup kemungkinan akan kita adopsi. Pada 2019, kami mendapat manuskrip pertama dari pondok di Yogyakarta berusia 300 tahun. Juga kami melakukan perancangan konsep," jelasknya.

Pada tahun 2020, tim bertemu dengan Prof Oman di UIN Jakarta. 

"Dia adalah kolektor manuskrip. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana melakukan pelacanakan manuskrip. Kami berharap dekan FITK UIN Malang bisa mewujudkan UIN Malang memiliki museum pendidkan Islam Indonesia. Kami berharap mendapatkan dukungan moril dan materiil," jelasnya.

Baca juga: Unisma Malang Bakal Tambah Skema Sertifikasi Profesi untuk Mempersiapkan Mahasiswa

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved